Pengertian dan Unsur Seni Tari

Pengertian dan Unsur Seni Tari – Pengertian seni tari adalah sekumpulan atau sebuah gerakan indah yang berirama tetap dilakukan pada suatu tempat dan waktu – waktu tertentu guna mengekspresikan sebuah perasaan untuk menyampaikan pesan dari seseorang / kelompok kepada yang lainnya.

Untuk lebih spesifik, marilah melihat penjelasan yang lebih lengkap tentang definisi seni tari berdasarkan atas pendapat beberapa ahli dari dalam maupun luar negeri yang masing – masing mengungkapkan pengertian tentang seni tari.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

  1. Menurut pendapat dari Dr. Soedarsono mendefinisikan tari adalah sebuah ungkapan yang keluar dari dalam jiwa manusia untuk selanjutnya diekspresikan melalui gerakan – gerakan ritmis yang gemulai dan indah.
  2. Menurut pendapat Corrie Hartong menjelaskan tentang tari adalah perasaan – perasaan yang bersifat mendesak keluar dari dalam diri manusia dan terlihat seperti mendorong guna mencari dan menemukan ungkapan – ungkapan perasaan yang memiliki bentuk yaitu berupa gerakan – gerakan ritmis yang menarik.
  3. Menurut pendapat Yulianti Parani menjelaskan tentang tari adalah gerakan – gerakan ritmis yang keluar melalui tubuh dilakukan oleh seseorang ataupun sekelompok orang dengan disertai ekspresi tertentu yang menarik dan menonjolkan keindahan.
  4. Menurut pendapat Aristoteles menjelaskan bahwa tari adalah gerakan – gerakan ritmis yang diharapkan mampu menghadirkan sebuah karakter manusia saat mereka mulai melakukan gerakan – gerakan tarian tersebut.
  5. Menurut pendapat Sachs menjelaskan bahwa tari adalah sebuah ungkapan jiwa dari manusia melalui sesuatu / beberapa gerak berirama yang memiliki nilai – nilai tertentu.
  6. Pangeran Suryadiningrat menjelaskan tentang yang dimaksud dengan tari adalah gerakan – gerakan yang dihadirkan melalui seluruh anggota tubuh si penari yang sengaja dilakukan dengan gemulai, selaras dengan hentakan irama musik untuk pencapaian maksud – maksud tertentu.
  7. Enoch Atmadibrata berpendapat bahhwa seni tari adalah seni yang menonjolkan gerakan – gerakan tubuh manusia tersusun sedemikian rapi di dalam sebuah ruang berlandaskan atas irama dan gerak.
  8. Bagong Sudito berpendapat bahwa seni tari adalah salah satu jenis seni yaitu merupakan sebuah kumpulan gerakan – gerakan ritmis yang menjadi media ekspresi manusia.
  9. I Gede Ardika menjelaskan bahwa seni tari adalah sesuatu hal yang mampu untuk menunjukkan keselarasan dan keserasian gerak – gerak tubuh dengan iringan irama – irama tertentu.
  10. Haukins menjelaskan bahwa seni tari adalah sebuah ungkapan jiwa yang terlukis melalui bentuk suatu / sekumpulan gerakan – gerakan dengan disertai imajinasi dari penciptanya sendiri.
  11. Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay menjelaskan bahwa seni tari adalah sebuah bentuk seni mengekspresionostis yang melukiskan tentang sikap jiwa dalam diri manusia terhadap konflik – konflik yang ada seputaran masalah di dunia modern.

Unsur Utama Dalam Seni Tari

  • Raga / wiraga adalah salah satu unsur tarian yang menonjolkan gerakan – gerakan tubuh baik dengan posisi duduk ataupun sedang berdiri.
  • Irama / wirama adalah sebuah seni tari yang mempunyai unsur irama bertujuan untuk menyatukan gerakan – gerakan badan diiringi oleh musik pengiring yang menonjolkan sisi tempo dan irama.
  • Rasa / wirasa adalah salah satu unsur seni tari yang berfungsi untuk menyampaikan / menunjukkan sebuah perasaan terdalam dari jiwa manusia melalui pertunjukan sebuah tarian dengan gerakan – gerakan gemulai sebagai wujud ekspresi penarinya.

Unsur pendukung seni tari lainnya adalah ragam gerak, ragam iringan, rias dan kostum, serta pola lantai / bloking.

Baca Juga :

Demikian kami membahas tentang Pengertian dan Unsur Seni Tari, semoga para pembaca dapat mengambil manfaat dari membaca artikel ini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *