Pengertian dari Sintesis Protein Yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian dari Sintesis Protein Yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian dari Sintesis Protein Yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian dari Sintesis Protein Yang Wajib Anda Ketahui – Sintesis protein adalah suatu proses pembentukan protein dari asam amino dari dalam tubuh makhluk hidup. Ada 3 tahapan proses sintesis protein, diantaranya sebagai berikut :

  1. Tahap Replikasi DNA

Tahap Replikasi dapat disebut juga sebagai penggandaan. Pada tahap ini sel tersebut akan mengalami pembelahan sel berdasarkan kelipatannya contohnya pembelahan 4 sel menjadi 8 sel. Salah satu sel yag mengalami pembelahan adalah DNA.

Proses replikasi ini merupakan proses sintesis DNA yang terjadi dalam nukleus dengan bantuan dari enzim helikase untuk melepaskan basa hidrogen yang terdapat dalam rangkaian DNA.

  1. Tahap Transkripsi

Tahap Transkripsi adalah proses dimana DNA membentuk RNA dengan menguraikan kode genetik yang berasal dari DNA itu sendiri. Proses ini menghasilkan 3 jenis RNA yaitu RNA m, RNA t, dan RNA r.

Proses ini berlangsung dalam sitoplasma dengan diawali proses pembukaan rantai ganda yang dimiliki DNA dengan bantuan dari enzim RNA polimerase. Proses Transkripsi ini terbagi menjadi 3 tahap, yaitu inisiasi, elongasi dan terminasi.

  1. Tahap Translasi

Tahap translasi adalah proses menerjemahkan kode kodon untuk menjadi asam amino yang akan membentuk protein. Contohnya asam amino fenilalanin merupakan terjemahan dari kodon UUU (3 basa urasil), asam amino glisin (CGC), asam amino serin (UCA) dan asam amino triptofan (UGG).

Kemudian beberapa asam amino akan menghasilkan rantai polipeptida yang spesifik yang nantinya akan membentuk protein yang spesifik. Ada 3 tahap dalam proses translasi yaitu tahap awal, tahap pemanjangan, dan tahap terminasi.

Tujuan sintesis protein adalah untuk membentuk protein yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan merupakan komponen yang penting dalam penyusunan menyusun makhluk hidup. Contohnya enzim, enzim disusun utamanya oleh protein-protein.

Hormon juga disusun oleh protein, begitupula dengan eritrosit yang mempunyai protein guna mengikat oksigen dalam tubuh. Begitu halnya pula dengan membran sel yang disusun oleh protein.

Adanya 22 asam amino pada proses translasi dapat disintesis dalam tubuh, namun beberapa yang lainnya juga diperoleh dari makanan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *