Pengertian Dioda

Mas Joko    February 18, 2019    No Comments on Pengertian Dioda

Pengertian Dioda – Dahulu sebelum zaman modern seperti sekarang, telah ditemukan komponen – komponen elektronik yang berguna bagi suatu rangkaian, namun pada saat itu bentuk – bentuk dari komponen tersebut masih berukuran besar.

Pengertian Dioda

Pengertian Dioda

Seiring berkembangnya zaman hingga saat ini, seorang ahli dapat mengembangkannya menjadi lebih canggih dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain transistor, kondensator, dan lain sebagainya, salah satu komponen elektronika yaitu dioda. Sebelumnya, apakah kalian pernah tahu apakah dioda itu? Berikut adalah penjelesan mengenai pengertian dan karakteristik dioda:

Pengertian dioda

Dioda merupakan komponen elektronika aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor yang dapat mengalirkan arus listrik hanya dengan hanya 1 arah saja, namun menghambat arus listrik dari arah yang sebaliknya.

Karakteristik dioda

Perlu kalian ketahui, bahwa karakteristik dioda ini merupakan perilaku dari sebuah komponen dioda pada saat dialiri arus listrik, baik searah (DC) ataupun bolak balik (AC).

Pada dasarnya karakteristik dioda ini akan menghantar apabila dikerjakan secara maju dan akan menghambat apabila dikerjakan secara terbalik. Kemudian, kita bisa mengamati karakteristik dioda secara detil dengan grafik.

Grafik tersebut akan tampak pada beberapa area yang dapat menunjukkan karakteristik dari dioda pada berbagai macam kondisi tegangan. Berikut adalah beberapa karakteristik dari dioda:

  • Dioda memiliki tegangan balik maksimum yang dapat dilewatkan pada dioda dengan arah yang sebaliknya apabila tegangan balik yang melewati dioda melebihi batas maksimumnya, dimana dioda akan mencapai breaking point.
  • Dioda akan rusak jika arus yang melalui dioda melebihi batas maksimum
  • Hampir selalu digunakan tahanan yang dihubungkan seri dengan dioda sebagai pembatas dari arus agar selalu dibawah nilai batas arus maksimum
  • Kemudian selanjutnya adalah titik operasi dioda yang merupakan titik kerja dioda dalam menunjukkan arus dan tegangan dari dioda pada suatu rangkaian dengan sumber tegangan dan tahanan pembatas arus tertentu.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan karakteristik dioda, semoga bagi kita yang telah membacanya, dapat lebih memahami dioda itu sendiri.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *