Pengertian Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi – Apa itu Diskriminasi? Secara umum diskriminasi adalah tindakan dari seseorang atau kelompok orang terhadap sesuatu yang berbeda, perbedaan ini bisa terhadap umur, gender, penyakit, ras atau agama.

Diskriminasi disini bisa diartikan suatu tindakan, perilaku atau sikap yang tidak adil akan suatu kejadian atau kepada seseorang yang berbeda.

Sebagai contoh diskriminasi yang terjadi pada pendidikan di lembaga pendidikan swasta yang dianggap berbeda dengan pendidikan di lembaga pendidikan negeri.

Diskriminasi tersebut bisa dalam bentuk omongan masyarakat atau penyeleksian tenaga kerja yang masih membedakan antara sekolah swasta dan sekolah negeri.

Contoh lainnya adalah diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS karena penyakit yang dianggap menular ini mengakibatkan para penderitanya mendapat diskriminasi dari masyarakat.

Padahal penyakit yang mereka derita tersebuttidak akan menular meskipun orang-orang ada di dekatnya.

Penyebab diskriminasi adalah kesenjangan yang terjadi di lingkungan masyarakat atau perbedaan dari kelompok mayaritas dengan kelompok minoritas, masyarakat yang menganggap perbedaan yang ada dilingkungan sekitar adalah hal yang aneh itu yang menyebabkan diskriminasi terhadap hal yang berbeda tersebut, dan karena adanya persaingan mana yang lebih baik.

Ini berakibat pada sikap masyarakat yang cenderung diskriminasi terhadap perbedaan tersebut.

Contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat yang biasa kita temui adalah kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin, serta kesenjangan status sosial di masyarakat.

Selain sebagai contoh kesenjangan sosial, contoh-contoh tersebut juga menjadi pemicu terjadinya diskriminasi di sekitar kita.

Diskriminasi tersebut dapat dihindari dengan berbagai sikap yang harusnya dilakukan oleh para masyarakat atau kelompok mayoritas agar tidak terjadi diskriminasi terhadap kelompok minoritas.

Sikap tersebut bisa berupa toleransi terhadap perbedaan yang ada, bisa juga dengan sikap terbuka dengan segala hal yang terjadi di masyarakat atau dengan menerima satu sama lain dan menganggap kita semua adalah sama di mata tuhan.

Beberapa sikap ini adalah kunci untuk mengurangi bahkan menghilangkan perilaku atau tindakan yang cenderung tidak adil terhadap kelompok minoritas atau diskriminasi tersebut.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *