Pengertian Ekologi, Ayo Tebak Apa Itu Ekologi ?…

Istilah ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata Oikos berarti habitat dan kata logos berarti ilmu. Pengertian ekologi secara umum merupakan ilmu yang fokus dalam mempelajari hubungan saling ketergantungan dan timbal balik dengan lingkungan yang sifatnya tak hidup dalam sebuah ekosistem.

m 16

Sedangkan secara harfiah, ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya.

Ekosistem disini diartikan sebagai suatu sistem yang mengakibatkan terjadinya hubungan (interaksi) dengan adanya ketergantungan antara komponen-komponen yang ada didalamnya, baik mahluk tak hidup maupun hidup.

Banyak ahli yang mengartikan ekologi, antara lain :

  1. Ekologi menurut Miller (1975) adalah merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme dan organisme lainnya serta lingkungan tempat tinggal organisme tersebut.
  2. Otto Soemarwoto berpendapat bahwa definisi ekologi adalah ilmu yang didalamnya berisi tentang hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungan mahkluk hidup tersebut.
  3. C. Elton mengemukakan bahwa ekologi adalah ilmu yang fokus dalam mengkaji sejarah alam atau kehidupan alam secara ilmiah.
  4. Andrewartha menjelaskan bahwa ekologi adalah ilmu yang berisi tentang penyebaran dan kehidupan organisme yang sangat majemuk.

Ekologi digunakan pertama kali oleh Ilmuan bernama Ernst Haekal (1834-1914). Ekologi berkaitan sekali dengan ekosistem serta komponen penyusunnya. Komponen penyusun tersebut terdiri dari dua faktor yaitu faktor abiotik dan biotik.

Faktor abiotik (yang tak hidup), contoh air, cahaya, suhu, kelembaban dan topogrofi. Sedangkan tumbuhan, hewan, manusia dan mikroba adalah teramsuk dalam faktor biotik (yang hidup). Didalam ekologi tentunya ada prinsip-prinsip utama yang digunakan, prinsip utama tersebut antara lain:

  1. Ada interaksi (interaction)
  2. Adanya saling ketergantungan (interdependence)
  3. Adanya kenakaragaman (diversity)
  4. Adanya keharmonisan (harmony)
  5. Adanya kemampuan berkelanjutan (sustainability)

Baca Artikel Lainnya :

Hal dasar dalam setiap kajian ekologi selalu menyertakan aspek, aspek tersebut adalah :

  1. Hubungan organisme dengan lingkungan organisme tersebut.
  2. Hubungan antara organisme terhadap lingkungan organisme tersebut.
  3. Studi tentang hubungan struktur dengan fungsi alam.
Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *