Pengertian Erosi dan Dampak yang Ditimbulkannya

Pengertian Erosi dan Dampak yang Ditimbulkannya – Ada banyak masalah lingkungan yang membuat keseimbangan di dalamnya menjadi terganggu. Salah satu masalah tersebut yaitu erosi. Erosi merupakan proses alamiah yang menyebabkan terjadinya pengikisan tanah, bebatuan atau partikel padat lainnya dalam suatu lingkungan. Erosi bisa disebabkan oleh adanya pengaruh gravitasi, pergerakan atau transportasi air, angin dan beberapa faktor lain alamnya. Meskipun dikatakan sebagai masalah yang disebabkan oleh faktor-faktor alami, namun berbagai kejadian erosi saat ini disebabkan oleh pengaruh aktivitas manusia dan kelalaiannya dalam memanfaatkan keseimbangan lingkungan dengan baik.

sw

Penggunaan lahan yang buruk dan tidak dipertimbangkan dampaknya dalam jangka panjang seringkali menyebabkan erosi semakin marak terjadi. Berikut ini beberapa pengaruh aktivitas manusia terhadap terjadinya erosi saat ini, yaitu:

  • Aktivitas penggundulan hutan dengan cara penebangan hingga pembakaran hutan untuk kepentingan tertentu terus meningkat.
  • Kegiatan pembangunan jalanan dan konstruksi yang tidak terarah dan berantakan membuat pembangunan tidak tertata dengan baik dan kurang perhitungan.
  • Kegiatan pertambangan yang terus menerus dilakukan.
  • Penggunaan lahan perkebunan dan ladang yang sembarangan.
  • Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian.

Beberapa aktivitas tadi jelas saja membuat akar tanaman yang mengikat tanah menjadi lemah dan material tanah pun menjadi mudah terkikis karenanya. Jika erosi sudah terjadi, maka beberapa dampak di bawah ini akan ditimbulkan dan mengganggu keseimbangan lingkungan, yaitu:

  • Lapisan permukaan tanah pada bagian atas menipis.
  • Terjadi degradasi lahan.
  • Kemampuan tanah dan penyerapan air semakin menurun.
  • Berakibat banjir dan air sungai meluap.
  • Terjadi pengendapan atau sedimentasi yang membuat pendangkalan sungai terjadi.

Erosi dapat dipengaruhi oleh intensitas hujan, iklim, suhu, kecepatan angin hingga faktor geology meliputi tipe bebatuan, kemiringan lahan hingga porositasnya. Dengan kata lain, kapasitas erosi dapat berbeda-beda tergantung dari faktor alami dan pengaruh dari aktivitas manusia yang sudah disebutkan tadi. Jika hal ini tak segera ditangani melalui perubahan pola drainase yang baik dan penanaman pohon, maka kehidupan ekosistem di dalamnya akan terganggu dan tidak dapat berjalan baik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *