Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Vitamin

Pengertian Vitamin

Vitamin merupakan sebuah kimia yang tidak dapat sendiri oleh tubuh, namun sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan.

Perlu kita ketahui, tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit saja namun harus secara terus menerus. Tanpa adanya vitamin di dalam tubuh, kita tidak dapat melakukan aktivitas hidup dan memperbesar peluang penyakit untuk masuk kedalam tubuh kita.

s 87

Fungsi Vitamin

Berikut beberapa fungsi vitamin bagi tubuh kita.

  • Mengatur zat pada tubuh.
  • Mempercepat pertumbuhan.
  • Menguatkan gigi dan tulang.
  • Mempercepat penyembuhan terhadap penyakit.
  • Memperlambat proses penuaan.
  • Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Menjaga tubuh agar tetap segar.

Jenis-Jenis Vitamin

Berikut beberapa jenis vitamin yang sudah diketahui kegunaannya dan sumber-sumbernya, dari berbagai macam atau jenis tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Vitamin A;

Vitamin A atau retinol adalah vitamin yang berfungsi untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit agar selalu halus. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh.

Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada wortel, sayur-sayuran, labusiam, ubi jalar, semangka, dan avokad. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun senja dan xeroftalmi.

  • Vitamin B1;

 Vitamin B1 atau tiamin adalah vitamin yang berfungsi untuk menambah nafsu makan, menjaga alat-alat pencernaan, dan, menjaga fungsi syaraf. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada biji-bijian yang masih memiliki kulit ari seperti kecambah, gandum, ragi, hingga kacang-kacangan kering.

Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan mudah lelah, menimbulkan gangguan saraf, pencernaan kurang sempurna, dan mengakibatkan penyakit beri-beri.

  • Vitamin B2;

Vitamin B2 atau dikenal juga dengan istilah riboflavin merupakan vitamin yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan kuku, dan membantu proses metabolisme karbohidrat agar mendapatkan energi. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada susu, kacang-kacangan, telur, dan ragi.

  • Vitamin B6;

Vitamin B6 atau piridoksin adalah vitamin yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, meredakan rasa mual, mengurangi kejang tangan, dan menghindari terjadinya kulit kasar atau peradangan pada kulit.

Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada kacang-kacangan yang maih memiliki kulit ari, jangung, ikan, dan ragi. Kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan susah tidur, depresi, dan mudah tersinggung.

  • Vitamin B12;

Vitamin B12 atau sianokobalamin adalah vitamin yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah dan memperbaiki daya konsentrasi.

Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada hati, daging, dan telur. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan kelelahan, gangguan kulit, dan anemia.

  • Vitamin C;

Vitamin C atau asam askorbat adalah vitamin yang dapat menyembuhkan infeksi, mengurangi alergi, dan mengurangi skorbut. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada buah jerus, tomat, dan sayur-sayuran segar.

Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyembuhan luka menjadi lama, nyeri pada persendian, daya tahan tubuh terhadap infeksi menjadi lemah, dan gusi berdarah.

  • Vitamin D;

Vitamin D adalah vitamin yang diperlukan dalam pembentukan tulang dan memperkuat tulang-tulang di dalam tubuh. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan yang paling banyak adalah ikan laut.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertumbuhan terhabat, gigi keropos, kejang otot, dan kaki bengkok.

  • Vitamin E;

Vitamin E atau tokoferol adalah vitamin yang mencegah keguguran, kemandulan, dan pendarahan. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada kecambah biji-bijian, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan gangguan pada otot, kemandulan, dan keguguran.

Baca Artikel Lainnya

  • Vitamin K;

Vitamin K atau filokuinom adalah vitamin yang berfungsi untuk membekukan darah ketika terjadi luka pada bagian tubuh. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada sayuran hijau, kedelai, dan tomat.

Kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan darah terus mengalir atau sukar membeku bila terjadi luka pada bagian tubuh.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *