Pengertian, Fungsi, dan Jenis Proposal

Pengertian Proposal

Dalam bahasa Inggris proposal memiliki arti to propose yang berarti mengajukan. Secara umum pengertian proposal adalah suatu bentuk pengajuan atau penawaran yang berupa sebuah ide, pemikiran, gagasan, ataupun rencana yang diajukan ke suatu pihak demi mendapatkan dukungan.

Dukungan tersebut biasanya berupa izin, dana, persetujuan dan lain-lain. Proposal dapat diartikan juga sebagai suatu tulisan yang sengaja dibuat dalam rangka untuk menjelaskan suatu rencana dan tujuan kegiatan tertentu yang ditujukkan kepada pihak-pihak tertentu.

Untitled

Suatu proposal biasa dibuat untuk memenuhi kepentingan yang diinginkan oleh si pembuat proposal adapan bentuk dari kepentingan tersebut seperti bantuan dana, dukungan ataupun sponsor, bisa juga berupa perizinan.

Agar dapat lebih mengerti mengenai pengertian proposal, berikut akan dijelaskan beberapa dari pengertian proposal :

  • Hasnun Anwar : Menurut Hasnun Anwar, proposal merupakan suatu rencana yang disusun dalam suatu kegiatan tertentu.
  • Jay : Pengertian proposal menurut Jay adalah suatu alat bantu dalam manajemen standar yang berguna dalam mengatur suatu kegiatan agar berfungsi secara efisien.
  • Pengertian proposal jika dilihat dari sudut pandang ilmiah adalah rancangan dari usulan tertentu dalam membuat suatu penelitian yang nantinya akan dibuat oleh peneliti pada bahan penelitiannya. Dalam hal ini, proposal memiliki kesamaan arti dengan usulan. Ada juga yang menjelaskan bahwa proposal merupakan suatu permintaan yang ditujukan kepada seseorang, organisasi, instansi, atau kelompok tertentu yang bertujuan agar dapat terlaksananya kegiatan yang ada dalam proposal yang diajukan.

Fungsi Proposal

Berdasarkan kegunaannya proposal memiliki beberapa fungsi, antara lain :

  • Proposal berfungsi untuk membuat atau melakukan suatu penelitian yang berkaitan dengan agama, politik, budaya, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.
  • Proposal juga berfingsi dalam rangka untuk mendirikan suatu usaha, baik itu usaha kecil, usaha menengah ataupun usaha besar.
  • Proposal berfungsi untuk mengajukan tender kepada lembara pemerintahan ataupun perusahaan swasta.
  • Proposal berfungsi untuk mengajukan permohonan pembuatan kredit di bank.
  • Proposal juga berfungsi untuk membuat satu acara tertentu, seperti seminar, diskusi, pelatihan, dan lain sebagainya.

Jenis Proposal

Proposal berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi 3 jenis, berikut di antaranya :

  • Proposal Formal :

Jenis proposal ini memiliki tiga bagian utama, dimana pada bagian bagian pertama adalah pendahuluan yang terdiri dari sampul, halaman judul, kata pengantar atau surat pengantar, daftar isi, pengesahan permohonan juga ikhtisar.

Lalu pada bagian utama yang kedua adalah isi yang terdiri dari latar belakang, pembatasan masalah, tujuan yang ingin dicapai, kerangka dasar pemikiran, metodologi, fasilitas, susunan panitia (personalia), keuntungan dan kerugian, biaya, dan waktu.

Sedang bagian yang ketiga adalah penutup yang berisikan daftar pustaka, tabel, gambar, lampiran, dan sebagainya.                    

  • Proposal Non Formal :

Dalam proposal non formal tidak memiliki bagian selengkap proposal formal, biasanya proposal non formal dapat berbentuk suatu surat ataupun memorandum.

Dalam suatu proposal non formal didalamnya harus memiliki hal-hal seperti masalah, saran, permohonan dan pemecahan.

  • Proposal Semi Formal

Demikian ulasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Jenis Proposal, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *