Pengertian, Fungsi, dan Kandungan Plasma Darah

Pengertian Plasma Darah

Plasma darah merupakan salah satu komponen darah yang berbentuk cairan dan memiliki warna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, di mana sel darah ditutup. Dari seluruh volume atau isi darah di dalam tubuh, plasma darah menyumbang sekitar 55% dari volume darah tersebut.

s 77

plasma darah tersusun atas 90% air dan sisanya adalah zat-zat seperti larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, hormone, ion mineral, dan karbohidrat. Selain sebagai penyumbang volume darah yang paling besar, plasma darah juga berfungsi medium pada proses ekskresi.

Zat-zat yang terkandung di dalam plasma darah seperti sari makanan, hormon, enzim, antibody, mineral, hingga zat-zat sisa akan diserap oleh usus halus dalam tubuh manusia.

Mineral-mineral yang terkandung di dalam plasma darah berupa garam mineral dan berfungsi untuk mengatur tekanan osmotik hingga tekanan darah. Sedangkan protein yang terdapat pada plasma darah dinamakan dengan protein darah yang terdiri atas albumin, globulin, dan fibrinogen.

Albumin berfungsi untuk mengatur tekanan darah, sedangkan globulin atau dikenal juga dengan imunoglobin berfungsi untuk membentuk benang-benang fibrin yang digunakan dalam pembekuan darah saat bagian tubuh terluka.

Apabila kita mengendapkan larutan protein yang terkandung dalam plasma darah dengan suatu alat pemutar yang disebut dengan sentrifuge, maka akan tertinggal suatu cairan yang berwarna kuning jernih yang dinamakan dengan serum.

Larutan kuning jernih inilah yang mengandung antibodi dan bertugas untuk suatu zat atau benda-benda asing hingga kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

Zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh disebut dengan antigen, sedangkan antibodi adalah yang bertugas untuk menggumpalkan suatu antigen yang dinamakan dengan presipitin, yang dapat menawarkan racun disebut antioksin, dan yang mampu menguraikan antigen disebut dengan lisin.

Fungsi Plasma Darah

Plasma darah memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita, berikut beberapa fungsi plasma darah secara umum;

  • Sebagai alat untuk mengangkut air dan juga menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh.
  • Sebagai alat untuk mengangkut hasil oksidasi, agar dapat di keluarkan dari tubuh melalui alat ekskresi.
  • Sebagai alat untuk pengangkut suatu getah hormone dari kelenjar getah buntu tubuh.
  • Sebagai alat yang akan mengankut oksigen, kemudian disebarkan ke seluruh tubuh.
  • Untuk menjaga temperature atau suhu tubuh.
  • Untuk mengatur dan menjaga peredaran serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh.
  • Sebagai alat untuk mengankut sari makanan.
  • Untuk menjaga dan mencegah terjadinya infeksi terhadap sel darah putih.

Kandungan Plasma Darah

Plasma darah memiliki beberapa unsur di dalamnya, berikut beberapa kandungan-kandungan yang terdapat pada plasma darah;

  • Mengandung mineral dan juga suatu zat-zat makanan seperti glukosa, gliserin, kolesterol, garam mineral, asam amino, asam lema, dan lain sebagainya.
  • Zat-zat yang diproduksi dari sel-sel tersebut antara lain antibodi, enzim, dan hormone.
  • Protein yang terdapat pada kandungan plasma darah tersebut antara lain albumin fibrinogen, protrombin, gammaglobulin, dan tromboplastin.
  • Terdapat asam urat dan urea.
  • Terdapat juga oksigen, karbon dioksida, hingga nitrogen.

Baca Artikel Lainnya :

Sekian pembahasan kita kali ini tentang pengertian, fungsi, dan kandungan plasma darah. Semoga pembahasan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *