Pengertian, Fungsi, Tujuan Wawasan Nusantara

Berdasarkan pancasila dan UUD 1945, pengertian dari wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang identitas diri dan bentuk geografi.

g 50

Dalam pelaksanaan wawasan nusantara, kesatuan wilayah dan kebhinekaan merupakan dua hal yang diutamakan dalam mencapai tujuan nasional. Dalam artikel ini akan dibahas secara lebih terperinci apa itu Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara

 Menurut Prof.Dr.Wan Usman, wawasan nusantara merupakan sebuah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan juga tanah airnya yang merupakan negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang bermacam-macam.

Lalu ada juga pengertian wawasan nusantara yang dikemukakan oleh Kelompok Kerja LEMHANAS 1999 yang menjelaskan bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang begitu beragam dan mempunyai nilai strategis yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa beserta kesatuan wilayah dalam rangka melaksanakan kehidupan berbangsa, bernegaram dan bermasyarakat untuk mencapai tujuan sosial.

Fungsi Wawasan Nusantara

 Berikut akan dijelaskan apa saja fungsi dari wawasan nusantara :

  1. Wawasan Nusantara dalam wawasan pertahanan nasional, dalam hal ini wawasantara mempunyai fungsi sebagai konsep dalam melakukan pembangunan nasional, dan juga terkait dalam pertahanan dan juga keamanan wilayah.
  2. Wawasan Nusantara dalam wawasan pembangunan memiliki cakupan yang beragam seperti untuk terjadinya kesatuan politk, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial, dan juga kesatuan pertahanan dan keamanan.
  3. Wawasan Nusantara dalam wawasan pertahanan dan keamanan negara, hal ini merupakan sebuah pandangan geopolitik negara Indonesia dalam cakupan tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan dimana meliputi seluruh wilayah Indonesia dan juga kekuatan negara.
  4. Wawasan Nusantara dalam Wawasan kewilayahan, wawasan nusantara digunakan sebagai pembatasan negara dengan tujuan untuk terhindar dari sengket dengan negara lain khsusnya negara-negara tetangga. Adapun batas-batas wilayah yang dijelaskan oleh Muh Yamin dalam risalah sidang BPUPKI tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 yaitu Indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku-Ambon, Timor, Papua, Selebes, dan Sunda Kecil. Ir. Soekarno pun juga menjelaskan bahwa kepulauan-kepulauan yang ada di Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Tujuan Wawasan Nusantara

 Terdapat dua tujuan dari yakni :

  1. Tujuan nasional, hal ini dapat terlihat dari isi Pembukaan UUD 1945, yang diterangkan mengenai tujuan kemerdekaan Indonesia yang berbunyi untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.        
  2. Tujuan ke dalam, maksud dari tujuan tersebut adalah dengan mewujudkan kesatuan dari segala aspek kehidupan baik yang sosial ataupun alamiah, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tingga kepentingan nasional yang disertai dengan kepentingan kawasan dalam rangka menyelenggarkan dan membina kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *