Pengertian, Fungsi,dan Jenis Mouse

Pengertian, Fungsi,dan Jenis Mouse – Bagi Anda yang menggunakan komputer, rasanya hampir tidak mungkin untuk tidak menghiraukan adanya perangkat pendukung bernama Mouse. Ya, Mouse merupakan salah satu perangkat yang terpasang pada komputer yang memiliki fungsi cukup besar dalam urusan pengendalian sebuah komputer bagi penggunanya.

15

Mouse adalah teknologi alat batu input dari keyboard yang bekerja pada tampilan bersifat GUI (Graphical User Interface). Dalam kata lain, mouse hanya berfungsi apabila tampilan layar bersifat grafis atau visual, contohnya penggunaan mouse pada sistem operasi Windows.

Benda ini dinamakan mouse karena  pada awal perkembangannya memiliki bentuk yang terlihat seperti tikus (mouse) dengan kabel bagaikan hewan tersebut,  meskipun di era sekarang  mouse telah hadir dalam teknologi tanpa kabel (wireless) untuk memberikan nilai fungsi dan kenyamanan lebih bagi penggunanya.

Mouse berfungsi untuk memberikan perintah pada komputer. Cara penggunaannya adalah dengan menggeser mouse pada alas berpermukaan datar dan menekan (klik) salah satu dari dua tombol (kanan dan kiri) pada mouse.

Secara umum, mouse terbagi atas dua jenis, yaitu jenis mouse ball dan mouse optical. Mouse ball adalah mouse dengan bentuk terdahulu, menggunakan bola penggerak sebagai sensor geraknya. Sedangkan mouse optikal memiliki sensor optik berupa cahaya merah. Sensor pada mouse optikal bekerja melalui pantulan cahaya yang timbul dari alas mouse.

Meskipun kini, seiring dengan kemajuan teknologi, fungsi mouse mulai diambil alih oleh layar sentuh seperti pada laptop atau peranti lainnya, bagi kebanyakan orang, mouse tetap menjadi perangkat penting yang harus ada dalam penggunaan sebuah perangkat berjenis komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *