Pengertian, Gejala, dan Cara Menghindari Penyakit Mers

Penyakit Mers termasuk salah satu jenis penyakit yang mematikan. Tentu saja tidak ada orang di dunia ini yang ingin mendekap penyakit tersebut. Bagi Anda yang belum mengetahui secara jelas mengenai penyakit tersebut, ketahuilah pengertiannya berikut ini.

Untitled

Penyakit Mers adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini tentu saja sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian pada orang yang menderitanya. Oleh sebab itu, merupakan satu hal yang sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala awal dan hal-hal yang menyebabkan penularan virus Mers tersebut.

Mers sendiri merupakan singkatan dari Middle Eastern Respiratory Syndrome. Penyakit mematikan ini disebabkan oleh virus COV (Corona Virus), virus itu sendiri mempunyai ciri pada bagian permukaan tubuhnya yang diselimuti dengan struktur yang menyerupai sebuah mahkota.

Virus Mers CoV memang baru dikenali pertama kali pada tahun 2012 di Negara Arab Saudi. Virus tersebut tentu saja sama sekali tidak sama dengan coronavirus yang sebelumnya sudah ditemukan. Virus itulah yang menyebabkan penyakit SARS pada tahun 2002 sampai 2003 lau, dimana virus tersebut juga tidak kalah berbahaya. Tercatat, sudah ada banyak kasus dengan 775 orang yang meninggal dunia di antaranya.

Cara penularan penyakit Mers pada umumnya adalah dengan lewat kontak dengan si penderita Mers dalam jarak yang dekat dan waktu yang lama. Yang lebih berbahayanya adalah, belum ada cara pengobatan penyakit Mers yang paling ampuh untuk menyembuhkannya.

Oleh sebab itu, sampai dengan sekarang ini pun belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi virus MERS-Cov tersebut, begitu juga dengan pengobatan anti viralnya yang belum tersedia. Perawatan medis yang bisa diterima oleh penderitanya hanya bersifat untuk meringankan gejala-gejala sakit yang dirasakan saja. Sementara itu, penyakit Mers tersebut dipervaya berasal dari unta.

Walaupun sebelumnya sudah dilakukan penelitian terhadap para pasien yang mengidap penyakit tersebut, tetapi mereka justru tidak pernah berkontak langsung dengan hewan tersebut. Keberadaan penyakit Mers ini memang mengakibatkan semua orang di dunia merasa khawaatir, khususnya masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji karena harus mengunjungi Negara yang rentan terkena penyebaran virus Mers tersebut.

Tanda-tanda awal penyakit Mers antara lain :

  • Demam tinggi sampai 38 derajat Celcius
  • Sering batuk
  • Sulit bernapas atau napas menjadi lebih pendek
  • Bersin
  • Dada terasa sakit (nyeri)
  • Berat badan turun secara drastic

Oleh sebab itu, apabila Anda sudah merasakan tanda-tanda awal penyakit Mers tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Seperti pepatah yang mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menghindari penyakit Mers tersebut seperti di bawah ini :

  • Tidak melakukan kontak langsung dengan penderita penyakit Mers
  • Terapkanlah cara hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri
  • Biasakan mencuci tangan setiap kali sebelum dan selesai beraktivitas
  • Jangan menyentuh mulut, mata, ataupun hidung jika tangan kotor dan belum mencuci tangan
  • Jangan menggunakan barang pribadi milik orang lain, seperti alat makan, minum, menggosok gigi, dan lainnya.
  • Gunakan sabun dengan anti septic untuk menghindarkan diri dari penularan virus Mers tersebut.
  • Sebisa mungkin jangan sampai terkena darah atau lendir orang yang sedang batuk dan bersin-bersin.
  • Setelah bepergian dan pulang ke rumah, segera mandi untuk membersihkan tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *