Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Nyeri Panggu

Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Nyeri PanggulNyeri panggul merupakan salah satu gejala sakit yang menyerang salah satu bagian tubuh atau bagian panggul.

Sakit ini biasanya dialami oleh wanita. Dimulai dari rasa nyeri yang menyerang daerah panggul secara mendadak.

Jika diabaikan rasa nyeri ini semakin lama dapat semakin parah dan terasa sakit. Nyeri panggul juga biasanya berhubungan atau berkaitan dengan organ internal wanita. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan pria terjangkit nyeri panggul.

Gejala yang ditimbulkan awalnya hanya nyeri biasa. Namun berbagai penyebab nyeri ini umumnya menandai terjadinya sesuatu pada seseorang.

Misalnya seperti ketika mengalami masa kehamilan ektopik, nyeri panggul akan dirasakan oleh seorang wanita.

Gejala Nyeri Panggul lainnya biasanya berhubungan dengan sistem pembuangan atau air kencing. Penderita nyeri panggul memiliki keluhan susah buang air kecil, atau jika buang air kecil terasa sakit.

Pada gejala sistitis interstitial yang dialami oleh laki-laki, pola pembuangan air kecil seseorang terlalu sering dan kandung kemih terasa sakit ketika berisi air seni.

Nyeri panggul pun disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya paling sering terjadi adalah yang disebabkan karena kehamilan.

Selama masa kehamilan seorang wanita cenderung akan banyak mengalami rasa nyeri panggul.

Bahkan pada waktu-waktu lain kehamilan seperti saat mengalami keguguran, pecahnya kista korpus luteum, kelahiran prematur, plasenta abrupsi, sampai uterus pecah.

Pada laki-laki, nyeri panggul kadang disebabkan oleh Gangguan kandung kemih yang dialaminya. Penyakit batu ginjal pun sering juga menjadi penyebab utama nyeri panggul ini.

Hal tersebut tentu karena ginjal berhubungan dengan produksi air kencing pada manusia. Sehingga gangguan ginjal akan berpengaruh pada panggul manusia.

Selain itu, masih banyak penyebab nyeri panggul lainnya seperti penyakit menular seksual, gangguan pencernaan, kondisi saraf dan lain sebagainya.

Penanganan yang tepat untuk nyeri panggul ketika gejala terus menerus terjadi adalah pergi ke dokter.

Selain itu, bisa juga melakukan tes kehamilan bagi wanita yang mengalami gejala ini. Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan tes urin atau air seni untuk mengetahui atau mendiagnosis gejala nyeri panggul yang dialami.

Sementara itu, untuk mengurangi rasa sakit pada nyeri panggul bisa dengan menggunakan obat-obatan analgesik seperti obat anti-inflamasi nonsteroid (aspirin atau ibuprofen) untuk mengurangi rasa nyeri panggul.

Baca Juga : Pengertian Bimbingan Konseling

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *