Pengertian Hacker

Mas Joko    March 22, 2019    No Comments on Pengertian Hacker

Pengertian Hacker – Sekarang ini, hacker sering dikenal sebagai orang yang mampu membobol berbagai sistem dan menggunakan informasi tersebut untuk keuntungan pribadi.

Pengertian Hacker

Pengertian Hacker

Namun, pengertian hacker sendiri jauh dari hal tersebut. Pada tahun 1950-an, ketika istilah hacker pertama kali muncul, hacker adalah sebutan untuk orang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem komputer dan memiliki kemampuan yang baik dalam pemrograman. Pada tahun 1970-an, orang-orang yang dikenal sebagai hacker merupakan cikal-bakal pendiri perusahaan-perusahaan komputer.

Citra negatif mengenai hacker mulai muncul pad atahun 1980-an. Istilah hacker melekat pada orang-orang yang membajak video game dan kemudian menjualnya.

Pengertian tersebut terus berkembang hingga sekarang, hacker diasosiasikan dengan orang-orang yang menerobos masuk ke dalam sistem komputer untuk mengumpulkan informasi, menolak akses, menghapus file atau bahkan mengacaukan sistem komputer. Umumnya, orang-orang yang berlaku demikian disebut sebagai cracker.

Hacker sendiri terbagai menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis aktivitas yang dilakukannya. Berikut adalah macam jenis hacker berdasarkan aktivitasnya:

  • White hat hacker, merupakan hacker yang berpegang pada standar etika. Percobaan akses ke dalam sistem komputer dilakukan untuk menguji ketahanan sistem dan menjadi konsultan keamanan sistem komputer. White hat hacker merupakan hacker yang sesuai dengan definisi awal istilah tersebut.
  • Black hat hacker, merupakan hacker yang melakukan akses ke dalam sistem komputer untuk melakukan kerusakan. Kerusakan tersebut termasuk menghapus file, megambil data, penipuan, dan lainnya. Balck hat hacker inilah yang lebih dikenal sebagai cracker.
  • Grey hat hacker, merupakan hacker yang dapat berganti dari white hat hacker menjadi black hat hacker dan sebaliknya setiap saat.
  • Script kiddie hacker, merupakan orang-orang yang mengakses sistem keamanan komputer dengan menggunakan software atau tools yang dibuat orang lain dan tidak secara langsung.
  • Hacktivist hacker, merupakan hacker yagn menggunakan kemampuannya untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Biasanya pesan akan ditampilkan pada website yang menjadi target.

Dapat disimpulkan bahwa istilah hacker pertama kali muncul sebagai sebutan untuk orang-oang yang mengenal secara mendalam mengenai sistem komputer dan memiliki keahlian pemrograman yang baik.

Meskipun begitu, semakin berkembang berbagai jenis hacker yang memiliki tujuan berbeda dari istilah awal hacker, karenanya, tidak semua hacker adalah orang-orang yang bertujuan negatif dan mengganggu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *