Pengertian HARBOLNAS

Mas Joko    December 5, 2018    No Comments on Pengertian HARBOLNAS

Pengertian HARBOLNAS – Apakah anda mengetahui yang dimaksud dengan ‘Harbolnas’ ? Harbolnas atau hari khusus belanja ‘online’ nasional merupakan salah satu hari khusus atau semacam perayaan yang dilakukan guna mendorong dan memberikan edukasi kepada warga tentang transaksi – transaksi apa saja yang bisa diapilkasikan terhadap sistem belanja online yang dimaksud.

Harbolnas di Indonesia diperingati setiap bulan Desember dan pertama kali dilakukan pada tahun 2012 yang lalu tepatnya tanggal 12 Desember. Pada tempat – tempat seperti ‘Marketplace’ atau toko – toko online terkemuka di Indonesia biasanya memberikan fasilitas berupa penambahan hari hingga 3 hari.

Contohnya adalah Harbolnas Tokopedia, Harbolnas Lazada dan Harbolnas Bukalapak kadang – kadang memperpanjang hari belanja hingga 3 / lebih hari kepada para pelanggan.

Sejarah Singkat Tentang Kelahiran Harbolnas Di Indonesia

Seperti halnya pada negara – negara maju yaitu Amerika, Inggris, Kanada, Jerman dan Jepang, warganya sudah lama mengenal sistem belanja secara online yaitu dikenal sebagai sebuah perayaan belanja online yang disebut dengan istilah ‘Cyber Monday’ dimana sekelompok ‘peritel’ atau perusahaan besar toko online terkemuka menggelar promo berupa diskon besar – besaran yang dilakukan setelah perayaan ‘Thanksgiving Day’.

Di Indonesia, hari belanja online nasional didukung oleh beberapa media terkenal seperti Detik, Tempo, Yahoo dan Kompas. Masing – masing diskon yang diberikan bisa mencapai rata – rata sebesar 80 %.

Selanjutnya setelah perusahaan – perusahaan besar beserta media yang mendampingi mampu meraup sukses besar dengan menggelar 2 x untuk melakukan belanja online nasional yaitu pada tahun 2012 dan 2013 yang lalu maka pada tahun 2014 kembali menggelar kegiatan yang sama yaitu jatuh pada tanggal 12 Desember dimana kondisi inilah yang menyebabkan hari belanja online lebih populer dengan istilah hari 1212.

Saat pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, aksi ini hanya diikuti oleh peserta sebanyak 7 e-commerce yang dikenal sebagai aksi 121212 dimana sebuah inisiatif spontan dilakukan pada tahun yang sama yang mengkhusus menggerakkan / mendorong terjadinya sebuah peristiwa besar yang dilakukan oleh para industri retail online di seluruh kota – kota besar di Indonesia.

Dilanjutkan sekitar tahun 2013 memperkenalkan hari belanja online nasional merupakan satu hari dimana para pelanggan memperoleh penawaran istimewa guna mendapatkan diskon terbesar sepanjang tahun guna memperoleh produk – produk menarik dan favorit hanya melalui transaksi online. Kegiatan ini mendapatkan respon positif yang sangat mengembirakan dari berbagai pihak.

Harbolnas 2016 yang lalu diikuti oleh lebih banyak lagi Marketplace dimana mereka memfokus kepada lebih banyak memberikan promo seru yang lainnya namun calon pembeli / pelanggan tetap harus melihat dan meneliti contoh barang yang hendak mereka beli apakah sudah sesuai dengan keperluan anda atau hanya sekedar ikut – ikutan tren yang sedang berlaku dan beredar dalam masyarakat di suatu tempat. Bijaksana dalam berbelanja baik itu terhadap sistem ofline atau online merupakan hal terpenting yang tak boleh anda abaikan begitu saja saat akan berbelanja apalagi dalam jumlah yang besar.

Jadi, kami ucapkan selamat belanja di Harbolnas. Semoga layanan yang diberikan mampu memuaskan para pembeli dan pelanggan.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian Harbolnas beserta informasi singkat yang menyertai ulasan kami tersebut di atas, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *