Pengertian Hardware dan Contohnya

Pengertian Hardware dan Contohnya – istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di dengar berbagai macam kalangan remaja atau orang dewasa, namun masih banyak juga yang lupa dan kadang keliru mana menyeburkannya. komponen ini merupakan sebuah komponen dasar dari sebuah perangkat keras komputer.

2.1

Dimana tidak adanya komponen ini komputer akan tidak bisa berjalan dengan baik dengan semestinya, sebelum menggunakan perangkat komputer sebaiknya terlebih dahulu mengenal komponen hardware terlebih dahulu berdasarkan pengertian, dan contoh masing – masing bagian komponen dari hardware.

Pengertian Hardware

Hardware ( Perangkat keras ) merupakan sebuah perangkat komputer yang dapat  bisa dilihat berdasarkan fisik, bisa disentu dan bisa di pegang.  Hardware juga merupakan komponen atau perangkat yang membangun strukur sebuah komputer. Baik itu struktur utama maupun struktur tambahan yang dapat membantu untuk mendukungnya kinerja dalam sebuah perangkat komputer.

Hardware ini dapat di bedakan 5 jenis komponen pendukung diantara adalah sebagai berikut :

– Input Device

Input Device ( unit masukan ) merupakan perangkat dari bagian hardware yang digunakan untuk memasukan data – data atau informasi ke dalam sebuah komputer.

Contohnya :

 Mouse, keyboard,  Tochpad, Kamera Digital, Web Cam dan lainnya.

– Processing Device

Processing device ( unit pemerosesan ) merupakan perangkan dari bagian hardware yang digunakan untuk memproses sebuah data – data atau informasi dari beberapa kumpulan tersebut, sehingga dapat dengan mudah diterjemahkan menjadi sebuah perintah dalam sebuah komputer.

Contohnya :

Ram, Metherboard, VGA Card, Sound Card, Hardisk, Processor dan Optical Disk Drive.

– Out Device

Outu device ( untuk mengeluaran ) merupakan perangkat bagian hardware yang digunakan untuk menampilkan data – data atau informasi dalam hasil pengoperasian komputer, sehingga out device  dapat mengetahui dan mengecek data yang ada di dalam komputer.

Contohnya :

Monitor, speaker, printer dan proyektor.

– Storage Device

Storage device ( unit penyimpanan ) merupakan perangkat dari bagian hardware yang dapat digunakan untuk menyimpan data – data atau informasi dalam bentuk file dan folder yang ada di dalam komputer. Perangkat ini dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu penyimpanan secara internal dan penyimpanan secara ekternal.

Contohnya :

Hardisk Internal, Hardisk Ekternal, USB Flasdisk, Disket, CD Room, DVD Room, Memory Card dan lainnya.

– Peripheral Device

Pheripheral device (unit tambahan ) merupakan perangkat dari bagian hardware yang dapat digunakan untuk pelengkap atau tambahan untuk melengkapi sebuah fungsi komputer. Sebagian besar dari unit tambahan ini akan merupakan komponen yang portable dan dapat di pasang atau di copot.

Contohnya :

Loud Speaker, Printer Scanner, Joystick, LCD Proyektorm, Webcam dan lainnya.

Baca juga :

Itulah informasi tentang pengertian hardware dan contonya, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *