Pengertian Hub dan Fungsi Hub

Diantara kita pasti sering mendengar istilah HUB dalam dunia komputer. Tapi apakah Anda tahu apakah HUB itu sebenarnya dan apa fungsi dari HUB. Dalam artikel ini akan di jelaskan mengenai pengertian HUB dan juga fungsi dari HUB itu sendiri.

a 44

Dalam istilah umum HUB didefinisikan sebagai sebuah perangkat keras yang terdapat pada suatu jaringan komputer sebagai central connection point. HUB merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah jaringan komputer baru karena jaringan komputer baru dapat berjalan apabila terdapatbeberapa dari komponen yang saling berhubungan. Maka jika ada satu dari komponen yang tidak berhubungan tentunya komputer tidak bisa hidup.

Bentuk dari HUB sendiri adalah memiliki banyak port, fungsi port tersebut adalah untuk menghubungkan masing-masing komputer menggunakan sebuah konektor yang disebut RG45. Port dari sebuah HUB sendiri bermacam-macam, ada yang memiliki 4 port, 5 port, 6 port dan seterusnya.

Banyaknya port HUB ini lah yang menentukan seberapa banyak komputer satu dengan yang lain dapat terhubung. Oleh karena itu merupakan suatu hal yang sangat penting untuk membuat desain topologi jaringan dahulu sebelum membangun jaringan komputer, manfaat yang bisa didapatkan dari hal tersebutnantinya bisa menentukan pilihan HUB yang tepat untuk digunakan.

HUB sendiri dapat menghubungkan dirinya ke HUB yang lain yang berguna untuk memperbanyak komputer yang bisa terhubung ke jaringan.

Fungsi dari HUB sendiri memang merupakan penerima sinyal dari unit komputer yang kemudian ditransfer ke komputer lainnya. HUB mempunyai fungsi juga untuk mengubah sinyal transmisi jaringan sehingga bisa untuk menghubungan lebih dari 2 komputer, kemudian dari konsep tersebut terciptalah sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan masing-masing komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *