Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Dalam sebuah tulisan khususnya berupa paragraf di dalamnya berisi topic yang ingin disampaikan kepada pembaca. Dalam penyampaiannya, sebuah paragraf harus memiliki topic yang jelas berikut dengan sejumlah kalimat-kalimat pendukung dalam paragraf tersebut.

Ide pokok dan ide pejelas merupakan dua unsur atau elemen yang harus ada dalam sebuah tulisan paragraf. Kedua unsur ini dianggap pula sebagai pembentuk dan pengembang sebuah paragraf.

p 57

Mungkin sebagian orang telah mendengar hal ini, namun tak sedikit pula yang masih kebingungan mengenai maksud dan definisi keduanya. Berikut pengertian keduanya.

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok diartikan atau didefinisikan sebagai suatu gagasan atau pemikiran utama yang menjadi dasar dalam pengembangan sebuah paragraf. Dalam arti lain, ide pokok kerap disebut juga sebagai gagasan utama atau gagasan pokok yang melandasi sebuah paragraf.

Dalam sebuah paragraf hanya aka nada satu ide pokok, dimana ide pokok ini berada pada kalimat utama dalam paragraf tersebut.

Pengertian Ide Penjelas

Dari namanya tentu bisa dipahami bahwa ide penjelas merupakan unsur pendukung dari ide pokok. Secara umumnya, Ide penjelas diartikan sebagai gagasan atau pemikiran yang menjelaskan dari ide pokok dari sebuah paragraf. Dengan kata lain ide penjelas disebut juga sebagai gagasan penjelas.

Kedua unsur ini memang menjadi bagian utuh dari sebuah paragraf, keduanya saling berkaitan satu sama lain sehingga menjadikan sebuah paragraf yang baik dan berkualitas.

Pemahaman pengertian dari kedua unsur ide pokok dan ide penjelas belum dapat menentukan seseorang dapat menentukan kedua unsur tesebut dalam sebuah paragraf. Hal ini yang kerap menjadi kendala bagi sebagian orang dalam menentukannya.

Oleh karenanya perlu cara bagaimana untuk dapat menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam sebuah paragraf. Salah satu cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf yakni melihat berdasarkan letak kalimat utama.

Baca Artikel Lainnya :

  • Paragraf Deduktif : Kalimat utamanya berada di awal paragraf
  • Paragraf Induktif : Kalimat utama berada di akhir paragraf
  • Paragraf Campuran : Kalimat utama berada di awal dan akhir sebuah paragraf
  • Paragraf Deskripsi : Gagasan utama menyebar pada paragraf yang tidak memiliki kalimat utama.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *