Pengertian Informasi dan Jenis-jenis Informasi

Pengertian Informasi

Setiap harinya, orang-orang membaca, mendengar radio serta menonton tv tidak hanya sebagai sarana hiburan saja, melainkan media-media tersebut sebagai sumer informasi mengenai banyak hal. Informasi dianggap penting karena dapat membantu dalam melakukan sesuatu hal.

Secara sederhana informasi itu sendiri diartikan sebagai sebuah pemberitahuan, berita atau keterangan. Informasi bersifat menambah wawasan dan pengetahuan seseorang.

q 18

Oleh karenanya, setiap hari orang-orang terus berburu informasi dari berbagai sumber dan media agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang semakin pesat seperti saat ini.

Informasi yang baik tentu memiliki beragam kriteria seperti harus relevan yakni harus memiliki manfaat bagi pembacanya. Selain itu, informasi juga harus akurat atau sesuai fakta yang terjadi.

Informasi juga harus tepat waktu dan jelas dalam penyampaiannya sehingga pembaca dapat memahami informasi tersebut. Terakhir, informasi harus konsisten atau informasi harus sesuai dengan data yang sebenarnya.

Jenis-jenis Informasi

Berdasarkan bentuk dan isinya, informasi memiliki sejumlah jenis. Berikut jenis-jenis informasi.

  • Informasi Berdasarkan Fungsinya

Informasi ini yang berdasarkan pada materi dan fungsinya. Jenis informasi ini mencakup berbagai isi dan tujuannya yakni diantaranya

  • Informasi yang bersifat edukatif atau mengajari pembaca, seperti contoh tulisan-tulisan yang berisi panduan ataupun ajaran hal-hal tertentu.
  • Informasi yang berisi pengetahuan di segala bidang, seperti lingkungan, politik, kesehatan, dan lain sebagainya.
  • Informasi Berdasarkan Format Penyajiannya

Jenis informasi ini dibedakan berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Misalnya saja informasi yang disampaikan dalam berbagai bentuk seperti berupa tulisan teks yang paling umum, ataupun berupa gambar, foto, karikatur, dan lain sebagainya.

  • Informasi Berdasarkan Lokasi

Jenis informasi ini disampaikan berdasarkan pada lokasi peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung, misalnya saja informasi dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.

  • Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Jenis informasi ini berisi hal-hal yang berdasarkan pada bidang kehidupan sehari-hari yang ada dan terjadi di masyarakat. Misalnya saja informasi tentang dunia pendidikan, sosial, budaya, gaya hidup, dan lain-lain.

Baca Artikel Lainnya :

  • Informasi Berdasarkan Penyampaiannya

Jenis informasi ini meliputi informasi yang disampaikan secara berkala, secara insidesial atau tiba-tiba, setiap saat, serta berdasarkan permintaan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *