Pengertian Investasi

Pengertian Investasi – Istilah investasi sudah sering kali kita dengar ketika menonton movies atau sinetron.

Bagi yang punya usaha mauapun yang punya banyak uang pasti lebih memilih menginvestasikan uangnya dalam bentuk saham atau benda yang nantinya dapat menghasilkan uang lagi.

Contohnya bangunan rumah kos-kosan, atau perhiasan yang nantinya bisa dijual lagi jika membutuhkan. Atau investasi salam bentuk rumah, beli rumah banyak agar bisa disewakan dan menghasilkan uang.

Baca Juga :

Nah itulah gambaran sedikit tentang investasi, untuk lebih jelasnya tentang pengertian investasi mari kita simak ualasan di bawah ini !

  1. Sunariyah mengutarakan bahwa Investasi adalah suatu penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berajangka waktu lama dengan harapan mendapatkan laba di masa-masa yang akan datang.
  2. Taswan dan Soliha : Investasi dapat dilakukan oleh individu maupun badan usaha (termasuk lembaga perbankan) yang memiliki kelebihan dana. Investasi dapat dilakukan baik di pasar uang mapun di pasar modal ataupun ditempat sebagai kredit pada masyarakat yang membutuhkan.
  3. Jogiyanto : Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan dalam produksi yang efisien selama periode waktu tertentu.
  4. Sukirno : kegiatan investasi dilakukan oleh masyarakat secara terus menerus akan meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan nasional dan meningkatkan taraf kemakmuran masyarakat.
  5. Tandelilin berpendapat bahwa Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada masa sekarang, dengan tujuan mendapatkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang.
  6. Kamarudin mengatakan bahwa Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.
  7. IAI menyimpulkan bahwa Investasi adalah suatu asset yang dipakai oleh perusahaan untuk menambah kekayaan (accretion of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalty dan uang sewa).
  8. Menurut Standar Akuntansi Pemerintahan untuk perusahaan-perusahaan yang di kelola Negara (BUMN) Investasi adalah aset yang dimaksudkan untuk memperoleh manfaat ekonomik seperti bunga, dividen dan royalty, atau manfaat sosial, sehingga bisa meningkatkan kemampuan pemerintah dalam rangka pemberian pelayanan untuk masyarakat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *