Pengertian, Jenis, Dan Contoh ‘Amanah’

Pengertian, Jenis, Dan Contoh ‘Amanah’  – Pengertian Amanah adalah merupakan hal – hal / sebuah kondisi yang diberikan oleh Allah untuk dipertanggung jawabkan kepada manusia agar dilakukan dan dijalankan dengan benar (Q.S. 32 : 72) dimana di dalamnya meliputi ‘khilafah’, atau ‘ilahiyah’ (adalah Allah), ‘khilafah takwiniah’ (‘al – taklif al – syar’iah) yang erat hubungannya dengan ‘hablun min Allah’ dan ‘hablun min al – nas’.

Mengenal Jenis – Jenis Amanah

1. Amanah ‘Fitrah’

Di dalam fitrah terkandung amanah. Dalam hal ini Allah akan memfungsikan fitrah manusia menuju kepada ‘tauhid’ yaitu kebenaran dan kebaikan. Maka dari itu, fitrah sama dengan aturan – aturan Allah yang diciptakan untuk diberlakukan terhadap alam semesta beserta isinya. Seperti Allah Swt. berfirman :

Bahwa Allah memberikan keturunan berupa anak – anak dan Allah akan memberikan kesaksian terhadap jiwa – jiwa mereka yang bersih.

Namun, fitrah bukanlah merupakan sebuah jaminan bahwa masing – masing orang mampu berada dalam jalur kebaikan dan kebenaran. Karena di dalam fitrah terdapat beberapa titik hawa nafsu disertai dengan penyakit – penyakit terkait dengan jiwa / hati. Masing – masing manusia di Bumi ini wajib untuk memperjuangkan amanah fitrah sehingga fitrah yang dimaksud tetap dapat diarahkan guna menegakkan kebenaran.

2. Amanah ‘Taklif Sya’ri’

Jenis ini adalah amanah yang diemban oleh ‘syari’at’. Dimana Allah Swt. akan membantu dan menjadikan sikap ketaatan terhadap syariat sebagai salah satu batu ujian kehambaan seseorang kepada – Nya.

Sama halnya Rasulullah Saw. memberi sabda bahwa Allah, sudah menetapkan kewajiban – kewajiban sehingga diharapkan manusia tidak mengabaikannya, dan Allah juga telah menentukan garis / batasan hukum agar manusia tak dengan mudah melanggarnya lalu mendiamkan beberapa hal karena terdapat kasih sayang kepada sesama mahkluk hidup (‘hadits shahih’).

Contoh Amanah Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Perilaku / sikap yang menunjukkan amanah tercermin dalam kehidupan sehari – hari bisa dilihat melalui kegiatan sebagai berikut :

  • Menjaga dan mengembalikan titipan ke keadaan semula. Jika anda dititipi benda – benda berharga seperti emas, rumah atau barang – barang yang lainnya, maka kewajiban anda untuk menjaganya dengan baik lalu jika tiba waktunya, anda harus mengembalikan seperti sediakala.
  • Menjaga sebuah rahasia dengan hati – hati serta hindari untuk membocorkan kepada orang lain yang tak berhubungan.
  • Hindari sikap dan perilaku yang menyalahgunakan jabatan.
  • Memelihara nikmat yang diberikan Allah Swt. berupa kesehatan, umur, harta benda yang berlimpah, ilmu dan lain sebagainya.

Demikianlah kami menjelaskan dengan singkat tentang definisi, jenis – jenis dan contoh dari amanah, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *