Pengertian, Jenis, dan Fungsi Harddisk

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Harddisk – Keberadaan rangkaian komputer tiada artinya apabila berjalan tanpa sebuah perangkat bernama harddisk. Benda yang biasanya terpasang dan menyatu dalam sebuah CPU ini, mempunyai peranan yang sangat vital bagi sistem kerja komputer.

15

Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan data. Perangkat keras ini berbentuk piringan magnetik yang diputar dengan bagian mekanis, bekerja secara sistematis sebagai pusat penyimpanan data dan informasi untuk perangkat berbasis komputer.

Secara umum, fungsi dari harddisk adalah untuk tempat penyimpanan data, serta tempat untuk menginstall software, baik perangkat lunak sistem operasi maupun program aplikasi.

Biasanya, sebuah harddisk memiliki kapasitas daya tampung yang sangat besar.  Namun besar kapasitasnya berbeda-beda tergantung perangkatnya. Semakin besar kapasitas dari sebuah harddisk, maka semakin banyak pula jumlah data yang mampu disimpan.

Ragam ukuran kapasitas harddisk sangat bervariasi, mulai dari 80GB, 120GB 160 GB, 250 GB, 500 GB, hingga 1 Tera. Kecepatan putarnya pun sangat bervariasi, mulai dari 5400 Rpm, 7200 Rpm, atau bahkan lebih tinggi, sesuai dengan kapasitas daya tampung dari sebuah harddisk.

Harddisk memiliki jenis yang bermacam-macam, dilihat dari jenis antarmuka (interface), tingkat kecepatan transfer data, dan kapasitas penyimpanan datanya. Umumnya, ragam jenis harddisk dibedakan berdasarkan jenis interface, yaitu ATA (IDE, EIDE), serial ATA, SCSI, dan eksternal harddisk.

Pada harddisk tipe ATA atau IDE (Integrated Device Electronics), port yang digunakan adalah port ATA dan memiliki kecepatan transfer data sebesar 133MB per detik, berbeda dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment) yang menggunakan port SATA dan berkecepatan transfer data sebesar 150 MB per detik.

Tipe harddisk lainnya adalah tipe SCSI (Small Computer System Interface) yang memiliki penambahan kartu sebagai controller pengolah data yang ditanamkan secara terpisah dari controller penggerak SCSI.

Tipe yang terakhir adalah harddisk dengan tipe USB atau biasa disebut external harddisk. Harddisk ini biasanya bersifat sebagai harddisk tambahan yang lebih fleksibel karena dapat dicabut pasang secara mudah pada port USB dari perangkat komputer yang berbeda-beda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *