Pengertian, Jenis Dan Komponen Semiotika

Pengertian, Jenis Dan Komponen Semiotika  – Pengertian Semiotika atau Ilmu Ketandaan atau ‘Studi Semiotik’ adalah sebuah studi yang khusus membahas tentang makna – makna terhadap pengambilan keputusan yang dimaksud. Kondisi ini sudah termasuk ke dalam studi yang membahas tanda – tanda dan sebuah rangkaian proses sebagai tanda / ‘semiosis’, indikasi, kemiripan, penunjukan, analogi, metafora, makna, simbolisme, dan komunikasi.

Semiotika erat hubungannya dengan bidang – bidang ‘linguistik’ yang sebagian besar mempelajari tentang struktur dan makna bahasa terkandung secara mengkhusus. Meskipun sekilas pandang hampir mirip dengan linguistik namun semiotika memiliki sedikit perbedaan yaitu dalam hal mempelajari tentang sistem non – linguistik dimana semiotika berhubungan dengan ini dibagi menjadi 3 cabang antara lain :

  1. Semantik adalah sebuah hubungan antara tanda – tanda dan hal – hal lainnya yang dilihat, ‘denotata’, atau berhubungan dengan bidang makna.
  2. Sintaksis adalah sebuah hubungan antara tanda – tanda dalam struktur yang bersifat formal.
  3. Pragmatik adalah hubungan antara tanda – tanda dan tanda dengan menggunakan agen.

Semiotika atau Semiology berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalah ‘Semeion’ yaitu sebuah tanda. Secara terminologis, Semiotik bisa diartikan sebagai salah satu ilmu yang mempelajari tentang ruang lingkup terhadap luas dari sebuah objek dan peristiwa yang erat hubungannya dengan kebudayaan setempat sebagai sebuah tanda.

Merupakan sebuah disiplin ilmu dan metode analisis guna mengkaji tanda – tanda adanya suatu objek untuk segera diketahui tentang makna apa yang terkandung di dalamnya. Sebuah tanda yang menandakan tentang sesuatu selain yang terjadi di dalam diri sendiri dan terhadap sebuah makna merupakan sebuah hubungan antara sesuatu objek atau ide – ide dari sesuatu sebagai tanda.

Jenis – Jenis Dan Komponen Dari Semiotika

Menurut pendapat dari Hoed (dalam Sobur, 2006 : 15), dikenal ada 2 jenis kajian Semiotika beserta komponen di dalamnya yaitu sebagai berikut :

1. Semiotika Komunikasi

Yang dimaksud dengan Semiotika Komunikasi adalah bagian yang menekankan kepada teori – teori tentang produksi sebagai salah satu tanda yang salah satu diantaranya adalah mengasumsikan adanya beberapa faktor di dalam melakukan komunikasi yaitu pengirim, penerima kode / sistem tanda, pesan – pesan dan saluran komunikasi serta acuan.

2. Semiotika Signifikasi

Yang dimaksud dengan Semiotika Signifikan adalah menekankan kepada teori – teori berupa tanda dan pemahaman dalam sebuah konteks tertentu. Dimana Semiotika jenis ini sama sekali tidak mempersoalkan tentang adanya tujuan untuk melakukan komunikasi atau sebaliknya yang diutamakan adalah sisi pemahaman dari sebuah tanda sehingga proses kognisinya ada pada penerima tanda dengan lebih memperhatikan terjadinya proses komunikasi.

Sedangkan menurut Pateda (2001 : 29), dikenal ada 9 macam Semiotik antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jenis Semiotik Analitik.
  2. Jenis Semiotik Deskriptif.
  3. Jenis Semiotik Faunal / Zoo Semiotik.
  4. Jenis Semiotik Kultural.
  5. Jenis Semiotik Naratif.
  6. 6Jenis Semiotik Natural.
  7. Jenis Semiotik Normatif.
  8. Jenis Semiotik Sosial.
  9. Jenis Semiotik Struktural

Nah demikianlah artikel kami kali ini tentang pengertian, jenis, dan komponen Semiotika, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *