Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya

Pengertian Kalimat Efektif

Berdasarkan definisi yang telah disimpulkan dari berbagai ahli, kalimat efektif merupakan kalimat yang berisi pemikiran, gagasan atau perasaan penulis yang dapat disampaikan secara jelas dan tepat serta dapat diterima dengan mudah oleh pembaca.

Kalimat efektif ini memiliki sejumlah kaidah dan aturan penulisannya, sehingga tulisan atau kalimat tersebut dapat sampai kepada pembaca atau pendengar sesuai dengan yang diungkapkan atau dituliskan oleh penulis.

p 125

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa terdapat sejumlah kata atau kalimat yang memiliki arti berbeda atau ganda sehingga menyebabkan multi tafsir atau perbedaan persepsi. Inilah salah satu hal yang harus dihindari jika ingin membuat sebuah kalimat efektif.

Oleh  karena itu, dalam membuat sebuah kalimat efektif wajib untuk mengikuti tata cara serta aturan dalam penulisannya agar maksud dan tujuan penulis bisa ditangkap oleh pembaca dengan sesuai.

Berikut beberapa kaidah atau aturan penulisan agar kalimat yang ditulis menjadi efektif dan mudah dipahami pembaca atau dengan kata lain sebagai kalimat efektif.

Aturan Penulisan Kalimat Efektif

  • Memiliki Unsur Kalimat yang Lengkap

Salah satu unsur penting dalam sebuah kalimat yaitu adanya subjek dan predikat. Tidak bisa dianggap sebuah kalimat jika tidak terdapat subjek dan predikat tersebut. Bahkan aturan lainnya bahwa subjek tidak boleh didahului oleh kata depan serta predikat kalimatnya harus jelas.

  • BerisiInformasi yang Lengkap

Kalimat yang efektif tentu berisi informasi yang lengkap dan jelas. Hal-hal yang harus dihindari yang membuat kalimat menjadi tidak efektif yakni ketaksaan atau ambiguitas yakni kalimat yang memiliki arti dan makna ganda.

Hal lainnya yaitu salah nalar dan kerancuan, sehingga informasi yang disampaikan akan sukar atau salah dipahami oleh pembaca.

  • Bentuk dan Makna Sejajar

Kesejajaran bentuk dan makna dalam sebuah kalimat efektif bertujuan untuk menciptakan keharmonisan atau keserasian sebuah kalimat yang tentunya juga membuat informasi yang disampaikan menjadi jelas.

Baca Artikel Lainnya :

  • Penghematan Kata dan

Hal ini menjadi aturan penting dalam sebuah kalimat efektif. Penghematan kata atau tidak mengulang kata sama dalam sebuah kalimat akan membuat kalimat menjadi lebih efektif dan terhindar dari penggunaan kata yang tidak penting.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *