Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Dalam sebuah paragraph, tentunya terdapat beberapa kalimat yang digunakan sebagai penyusun. Umumnya, kalimat tersebut terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kedua kalimat ini jelas mempunyai perbedaan definisi dan fungsi.

Dalam sebuah kalimat yang ideal, biasanya terdiri dari empat atau lima kalimat secara keseluruhan. Kalimat utama dan penjelas juga harus berhubungan antara penjelasan yang diberikan.

p 145

Pengertian kalimat utama

Kalimat utama adalah kalimat pokok yang menjadi inti dari sebuah paragraph. Kalimat utama merupakan gagasan utama yang menjadi dasar suatu paragraph. Kalimat utama berisi hal-halu mum yang merangkum seluruh isi paragraph dan bisa terletak di manasaja.

Bisa saja diawal kalimat maupun di akhir kalimat. Dalam membuat kalimat utama, hendaknya ada yang harus diperhatikan, misalnya isinya harus mewakili dari seluruh kalimat penjelas.

Pengertian kalimat penjelas

Kalimat penjelas dapat difenisikan sebagai kalimat yang menjabarkan maksud dari kalimat utama. Kalimat penjelas biasanya terdiri dari tiga atau empat kalimat dalam sebuah paragraph yang menguraikan gagasan utama.

Tidak ada jumlah kata maksimal dalam kalimat penjelas, ini dikarenakan karena sifatnya memang menjelaskan. Kalimat penjelas biasanya bersifat runut antara satu kalimat satu dengan kalimat lainnya.

Contoh kalimat penjelas dalam paragraph

Dalam beberapa paragraph tertentu, kalimat utama dan kalimat penjelas memang sulit dibedakan. Hal ini biasanya dikarenakan jenis paragraf yang digunakan. Untukl ebih memahami tentang perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas, lihat contoh paragraph berikut:

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari internet pada saat ini, yaitu mempermudah informasi, bersosialisasi dan berekpresi. Internet dapat mempermudah dalam memperoleh berbagai informasi misalnya dalam hal pendidikan, berita dan berbagai informasi lainnya.

Internet juga dapat digunakan sebagai ajang tempat bersosialisasi, hal ini semakin dipermudah dengan berbagai media sosial yang dapat digunakan. Manfaat lain dari internet adalah untuk mengungkapkan ekpresi baik itu melalui website ataupun media lain.

Penjelasan contoh paragraph

Dalam contoh kalimat di atas, kalimat pertama merupakan kalimat utama. Hal ini bisa dilihat dari isi kalimat utama yang merangkum berbagai hal seperti informasi, sosialisasi dan ekpresi.

Baca Artikel Lainnya :

Kalimat penjelas menguraikan beberapa isi yang terdapat dalam kalimat utama. Hal ini dapat terlihat dari kalimat penjelas pertama yang berisi tentang informasi, kalimat penjelas kedua menguraikan sosialisasi dan kalimat penjelas ketiga menguraikan tentang ekpresi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *