Pengertian Keuangan Negara

Pengertian Keuangan Negara – Definisi keuangan negara merupakan keseluruhan hak serta kewajiban negara yang bisa dinilai dengan uang maupun segala sesuatunya yang berupa uang ataupun barang yang bisa dijadikan milik Negara sesuai pelaksanaan hak maupun kewajiban tersebut.

Untitled

Di dalam penjelasan Undang-undang No. 17 Tahun 2003 mengenai Keuangan Negara dapat dinyatakan bahwa pendekatan yang digunakan untuk merumuskan Keuangan Negara yaitu dari sisi subjek, objek, tujuan dan proses.

Sementara dari sisi objek yang dimaksud Keuangan Negara meliputi keseluruhan hak beserta kewajiban negara yang bisa dinilai menggunakan uang, termasuk juga kebijakan maupun kegiatan di dalam bidang fiskal, moneter serta pengelolaan kekayaan negara yang telah dipisahkan.

Termasuk segala sesuatu yang berupa uang ataupun barang yang bisa dijadikan sebagai milik negara berkaitan dengan pelaksanaan hak maupun kewajiban tersebut.

Dari sisi subjek Keuangan Negara meliputi keseluruhan subjek yang menguasai ataupun memiliki objek sebagaimana yang telah disebutkan di atas yakni pemerintah pusat dan daerah, perusahaan daerah atau negara beserta badan lainnya yang berhubungan dengan keuangan negara.

Sedangkan dari sisi proses, cakupan Keuangan Negara adalah seluruh rangkaian kegiatan yang terhubung dengan pengelolaan objek sebagaimana yang tersebut di atas. Dimulai dari perumus kebijakan maupun pengambilan keputusan hingga pertanggungjawaban.

Dilihat dari sisi tujuan, maka Keuangan Negara meliputi semua kebijakan, hubungan hukum dan kegiatan yang berhubungan dengan pemilikan maupun penguasaan objek seperti yang disebutkan di atas dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan negara.

Sesuai pengertian keuangan negara melalui pendekatan objek, nampak bahwa hak beserta kewajiban dari negara yang bisa dinilai menggunakan uang diperluas cakupannya yakni keseluruhan kebijakan maupun kegiatan di dalam bidang fiskal, pengelolaan kekayaan negara dan moneter yang dipisahkan.

Baca Artikel Lainnya :

Berdasar uraian d atas, keuangan negara dapat diartikan menjadi pengertian dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dalam arti luas pendekatan arti keuangan lebih dari sisi objek dengan cakupan luas.

Di dalam arti sempit pengertian keuangan hanya sebatas mencakup pada pengelolaan keuangan negara berdasar pada sub bidang pengelolaan fiskal.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *