Pengertian Konsep Sosial dan Budaya dalam Puisi

Sebuah karya sastra tidak lepas dari pengaruh social dan budaya yang melatarbelakangi terciptanya karya sastra tersebut. Sosial dan budaya merupakan dua hal yang menjadi satu kesatuan. Adanya timbal balik atau pengaruh antar keduanya.

q 20

Konsep social dan budaya juga sering dikaitkan dengan sebuah karya sastra yakni salah satunya pada puisi. Puisi sebagai suatu karya sastra yang berisi ungkapan atau buah pemikiran sang penyair yang dituangkan menjadi kalimat-kalimat yang menarik dan indah.

Pemikiran tersebut yang terkadang lahir atau tercipta dari kondisi social dan budaya yang dilihat atau dirasakan.

Untuk lebih mengenal dan memahami konsep social dan budaya dalam puisi, berikut pengertian kedua konsep tersebut.

  • Konsep Sosial

Konsep social diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dan berkenaan dengan masyarakat.

Hubungan tersebut bisa dari individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok.

Konsep social dalam sebuah puisi biasanya berasal atau tercipta dari aktifitas atau kegiatan masyarakat tersebut yang dituangkan dengan pilihan kata-kata sehingga tercipta puisi yang indah.

  • Konsep Budaya

Konsep budaya merupakan hasil karya, cipta dan kreasi manusia, baik itu berupa benda, pemikiran maupun perilaku. Wujud konsep budaya sendiri bisa berupa kesenian, bahasa, ilmu pengetahuan, sistem kepercayaan serta hasil-hasil teknologi.

Konsep ini    juga sering muncul dalam karya-karya sastra. Dalam karya sastra puisi, konsep budaya muncul sebagai ungkapan pada suatu benda, perilaku maupun pemikiran sebagai hasil dan cipta masyarakat tersebut. Selain itu, karya sastra puisi juga mengacu pada kebudayaan yang dimiliki daerah tertentu.

Konsep social dan budaya memang tidak dapat terpisahkan dalam sebuah karya sastra. Kedua konsep ini terwujud dan tertuang dalam rangkaian kata dan kalimat yang menjadi sebuah puisi indah dan dinikmati oleh semua orang.

Adapun konsep social dan budaya memiliki unsur-unsur yang biasa menjadi topic atau tema dalam karya sastra puisi,yakni diantaranya:

Baca Artikel Lainnya :

  • Sistem Kepercayaan/Religi
  • Sistem Organisasi Kemasyarakatan
  • Bahasa dan kesenian
  • Mata Pencaharian
  • Ilmu Pengetahuan
  • Teknologi

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *