Pengertian Kritik : Apa itu Kritik ?

Setiap orang mungkin tidak asing dengan kata ini. Kritik biasa muncul pada suatu forum diskusi tertentu. Namun kritik sendiri tidak hanya muncul pada situasi formal saja, melainkan biasa muncul dalam setiap hal pada keseharian. Kritik pun bisa dilakukan oleh siapa saja.

Pengertian kritik itu sendiri yakni hasil dari pengevaluasian atau penilaian terhadap sesuatu yang dianggap tidak benar atau menyimpang dan disampaikan pada seseorang atau kelompok tertentu agar bisa melakukan perubahan menjadi lebih baik.

q 27

Sedangkan pengertian kritik menurut KBBI yaitu sebuah tanggapan atau kecaman, yang kadang-kadang disertai pertimbangan dan uraian tentang baik dan buruknya akan suatu hasil karya, pendapat, dan lain sebagainya.

Kritik memang dianggap bertujuan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Namun dilihat dari sifatnya kritik dibedakan menjadi dua jenis yakni.

  • Kritik Konstruktif

Kritik ini bersifat untuk membangun atau membuat keadaan menjadi lebih baik dengan munculnya semangat yang diciptakan dari kritikannya.

  • Kritik Destruktif

Kritik ini berlainan dengan kritikan konstruktif, kritik destruktif justru bersifat tidak membangun atau menjatuhkan seseorang atau suatu kelompok tertentu.

Kritik biasa dilakukan di setiap bidang, seperti bidang pendidikan, politik, lingkungan, dan seni yang mencakup banyak hal seperti music, film, atau karya sastra. Dan semua orang juga bisa melakukan kritikan ini, namun tentu tidak semua orang dapat memberikan kritik yang membangun.

Selain dilihat dari sifatnya diatas, kritik pun memiliki sejumlah tujuan yakni diantaranya.

  • Memberikan Solusi

Tujuan kritk yang paling utama yakni untuk memberikan solusi terhadap sesuatu yang dinilai kurang atau sedikit menyimpang. Oleh karena itu, penyampaian kritik harus disertai dengan solusi yang baik pula.

  • Memberi Informasi yang Benar

Kritik juga bertujuan untuk menyampaikan atau memberikan informasi yang benar dan tepat. Kritik yang baik juga harus dapat memberikan informasi yang benar dan menjadi pengetahuan bagi sipenerima kritik maupun orang lain.

Baca Artikel Lainnya :

  • Memberikan Pencerahan

Selain tujuan diatas, kritik juga bertujuan sebagai pencerahan bagi sesuatu yang selama ini dianggap dan diyakini benar oleh sebagain orang namun pada faktanya ternyata salah atau keliru.

Oleh karenanya, kritikan juga dapat memberikan dampak positif bagi penerima kritik maupun orang lain yang mendengarnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *