Pengertian, Macam, Unsur dari Seni Rupa

Seni merupakan sesuatu hal yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Setiap hal yang kita perbuat secara tidak sadar adalah merupakan seni, karena seni adalah sebuah hasil dari imajinasi atau pengungkapan ekspresi dari seorang yang memiliki nilai estetik.

a 49

Berbicara tentang seni, salah satu seni yang cukup terkenal adalah seni rupa yang merupakan salah satu dari cabang seni yang bisa dilihat oleh mata dan bisa dirasakan dengan rabaan. Dalam artikel ini akan dijabarkan secara rinci mengenai pengertian, macam, dan unsur dari seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Secara sederhana, seni rupa adalah cabang seni membuat objek yang dapat dinikmati terutama melalu bentuknya.

Sederhananya, pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membuat objek yang dapat dinikmati terutama melalui bentuknya. Seni rupa juga dapat diartikan sebagai ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dan diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangkap mata dan juga dirasakan dengan rabaan.

Macam-macam Seni Rupa

Seni rupa dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam seni rupa, berikut penjelasannya.

Pengertian seni rupa tradisional adalah seni rupa yang dibuat dengan mengikuti pola-pola, aturan atau pakem tertentu sesuai dengan pedoman seni dan dibuat berulang kali tanpa merubah bentuk aslinya. Adapun aturan-aturan yang dimaksud adalah berhubungan dengan bentuk, pola, corak, oenggunaan, warna, bahan, dan juga ukuran. Seni rupa tradisional sendiri masih tetap bertahan sampai saat ini.

Lalu pengertian dari seni rupa modern adalah seni rupa yang kretivitas dan inovasinya sanga didepankan sehingga menciptakan sesuatu yang baru. Seni rupa modern sudah meninggalkan aturan-aturan yang ada dalam seni rupa tradisional. Sedangkan seni rupa kontemporer adalah seni rupa yang dipengaruhi oleh kreativitas dan kondisi sekitar yang terjadi saat ini seperti keadaan politik dan sebagainya.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Setelah membahas tentang pengertian seni rupa dan juga macam-macam dari seni rupa. Hal yang akan dijelaskan selanjutnya adalah mengenaiunsur-unsur seni rupa. Unsur-unsur seni rupa terdiri atas titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

Sekian penjelasan mengenai pengertian, macam, dan unsur seni rupa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai seni rupa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *