Pengertian Masalah: Apa itu masalah?

Masalah menjadi hal yang tidak asing bagi hamper setiap orang. Masalah juga dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehingga hampir setiap orang pernah mengalaminya. Masalah yang muncul pun beragam.

Ada masalah yang dianggap ringan atau sederhana, ada pula masalah yang datang cukup berat yang kerap menguras pikiran seseorang. Namun hingga saat ini, setiap masalah yang dialami olehs etiap orang pasti memiliki jalan keluar.

q 28

Masalah itu sendiri diartikan sebagai sesuatu yang timbul karena adanya sebab akibat dan harus diselesaikan atau dipecahkan. Adapun pengertian masalah menurut berbagai ahli atau sumber.

Menurut Abdul Cholil, masalah diartikan sebagai bagian kecil dari kehidupan, dimana setiap orang tentu pernah mengahadapi dan memiliki masalah baik itu berasal dari diri sendiri ataupun yang berasal dari luar atau orang lain.

Pengertian lainnya, menurut Jeffey Liker, masalah yaitu sebuah peluangan atau jalan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Lawan dari sebuah masalah yaitu peluang. Serupa dengan Jeffey Liker, Richard Carson juga mengartikan masalah sebagai tempat terbaik untuk melatih diri sehingga hati seseorang menjadi lebih terbuka. Masalah juga sebagai bagian penting yang harus adadalam kehidupan manusia.

Adapun masalah itu terdiri dari sejumlah jenis. Berikut jenis-jenis masalah.

  • Masalah Pribadi

Merupakan masalah yang muncul dan dialami oleh pribadi atau individu yang itu sendiri. Terkadang masalah pribadi membutuhkan solusi atau nasihat dari orang lain, meski begitu masalah pribadi tetap harus diselesaikan dan dipecahkan oleh dirinya sendiri.

  • Masalah Keluarga

Masalah ini juga kerap dialami oleh setiap keluarga. Masalah keluarga bisa muncul dari berbagai faktor, umumnya faktor yang sering menimbulkan masalah dalam keluarga yakni fakto rekonomi.

  • Masalah Organisasi

Sebuah organisasi baik itu organisasi besar atau kecil maupun organisasi profit atau non-profit tentu tidak terlepas dari sebuah masalah.

Terutama organisasi terdiri dari berbagai orang yang berbeda karakter pula, sehingga masalah pasti muncul yang umumnya berasal dari perbedaan pendapat antara anggota satu dengan yang lainnya didalam organisasi tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

  • Masalah Masyarakat

Dalam sebuah masyarakat juga tidak terlepas dari suatu masalah. Masalah yang terjadi di dalam masyarakat biasanya muncul akibat prilaku atau ulah dari anggota masyarakat itu sendiri.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *