Pengertian Multimedia Menurut para Ahli

Sebelum kita melihat berbagai pengertian multimedia menurut para ahli, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian media secara harfiah. Multimedia berasal dari dua kata yakni multi dan media.

a 46

Secara bahasa multi mempunyai arti lebih dari satu atau jamak dan media sendiri merupakan bentuk jamak dari kata medium yang mempunyai arti sarana, alat, atau wadah. Dengan menyatukan arti kedua kata tersebut, multimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa gabungan komponen sehingga tercipta sebuah informasi yang utuh dan terangkum dalam bentuk tertentu.

Setelah mengetahui pengertian multimedia secara harfiah, selanjutnya untuk dapat lebih memahami pengertian multimedia, penulis akan memberikan definisi multimedia menurut para ahli. Berikut adalah pengertian multimedia dari berbagai ahli :

  1. Najjar (1996): Menurut Najjar, multimedia dapat diartikan sebagai penyampaian informasi yang menggabungkan penggunaan dari teks, video, suara, animasi dan juga grafik.
  1. Hofstetter (2001) : Multimedia menurut Hofstetter adalah penggunaan sebuah komputer untuk menayangkan informasi yang menggunakan teks, suara, video dan grafik yang membuat para penggunanya dapat melakukan interaksi dengan komputer. Hoffstetter juga menjelaskan 4 komponen penting lainnya selain dari gabungan teks, grafik, audio dan video, berikut adalah 4 komponen tersebut :
    • Terdapatnya komputer yang mengatur apa saja yang akan dilihat, didengar dan yang akan melakukan interaksi dengan penggunanya.
    • Terdapat link-link yang menghubungkan beberapa informasi yang ada.
    • Tersedianya peralatan navigasi untuk para pengguna agar dapat mengakses informasi yang ada.
    • Terdapat prosedur untuk para pengguna dalam mengumpulkan, memproses dan menyampaikan sebuah informasi.
  1. Steinmetz (1995) : Menurut Steinmetz, Multimedia adalah gabungan sedikitnya terdiri dari sebuah media diskrit dan juga media kontinu. Media diskrit sendiri merupakan sebuah media dimana kevalidan sebuah datanya tidak bergantung dari kondisi waktu, yang di dalamnya berupa teks dan grafik. Sedangkan arti dari media kontinu adalah media dimana validitasnya tergantung oleh kondisi waktu, yang beruapa suara dan video.
  2. Turban (2002) :Menurut Turban, pengertian multimedia adalah bentuk penggabungan yang setidaknya memiliki dua media input dan output. Media tersebut berupa sebuah teks, suara, video, animai, grafik, dan juga gambar.
  1. Mc Cormick (1996) :Ms Cormick menjelaskan bahwa multimedia meruapak suatu kombinasi dari 3 (tiga) elemen yaitu teks, suara dan gambar.
  1. Zeembry (2008) : Pengertian media menurut Zeembry adalah media elektronik yang berfungsi sebagi penyimpan dan juga menampilkan data-data.
  1. Rosch (1996) : Multimedia menurut Rosch adalah sebuah kombinasi dari komputer dan video
  1. Robin dan Linda (2001) :Menurut Robin dan Linda, multimedia merupakan alat yang bersifat dinamis juga interaktif yang tergabung dalam bentuk teks, suara, video, animasi dan grafik.
  1. Wahono (2007) : Pengertian multimedia menurut Wahono adalah multimedia merupakan perpaduan dari sebuah teks, suara, video, animasi dan juga grafik yang pesannya disampaikan ke khalayak luas.
  1. Vaughan (2004) :Vaughan menjelaskan bahwa multimedia memiliki beberapa gabungan dari teks, suara, gambar, animasi dan video yang dikirim melalui komputer atau seperangkat alat elektronik lainnya yang bersifat digital.

Demikian uraian mengenai pengertian multimedia menurut para ahli, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *