Pengertian Narasi dan Penjelasannya

Pengertian Narasi

Dalam keseharian setiap orang seringkali mengalami suatu kejadian atau peristiwa. Peristiwa atau kejadian yang dialami tersebut jika dituliskan akan menjadi sebuah karangan atau paragraph.

Salah satu jenis paragraph yang berisi peristiwa atau kejadian yang dialami secara nyata maupun fiktif yakni paragraph narasi.

p 58

Sebagian orang mungkin tidak asing dengan jenis paragraph satu ini. Paragraph narasi merupakan suatu paragraph yang berisi kisah atau cerita sebuah peristiwa atau kejadian yang disusun dengan urutan waktu dan kejadiannya.

Dalam paragraph narasi terdiri dari beberapa elemen seperti tokoh, latar belakang tempat dan waku serta urutan waktu dan kejadiannya. Urutan waktu dan urutan ruang merupakan dua pola yang mengembangkan cerita menjadi sebuah paragraph narasi.

Struktur yang umum pada paragraph narasi yakni tema, alur/plot serta karakter tokoh. Adapun ciri-ciri dari sebuah paragraph narasi diantaranya

  • Berisi cerita atau kisah suatu peristiwa
  • Adanya tokoh utama yang diceritakan beserta nama si tokoh
  • Menonjolkan unsur perbuatan dan tindakan tokoh tersebut
  • Disusun sesuai urutan waktu dan kejadian yang terjadi
  • Menggambarkan latar belakang tempat dan waktu yang jelas
  • Memiliki sudut pandang penulis
  • Memiliki alur cerita yang jelas
  • Menggunakan bahasa yang sederhana yakni bahasa sehari-hari

Selain ciri-ciri diatas, paragraph narasi terdiri dari dua jenis, yakni narasi ekspositoris dan sugestif. Berikut penjelasan kedua jenis narasi tersebut

  • Paragraph Narasi Ekspositoris

Jenis paragraph narasi ekspositoris ini merupakan narasi yang memiliki tujuan atau sasaran dalam penyampaian informasi dengan tepat tentang suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi.

Tujuannya yaitu penulis ingin memperluas pengetahuan pembaca mengenai kisah seseorang melalui tokoh yang diceritakan pada jenis paragraph narasi ekspositoris ini.

  • Paragraph Narasi Sugestif

Berbeda dengan jenis narasi diatas, jenis paragraph narasi sugestif ini menekankan atau mengutamakan pada makna dalam paragraf tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Pada jenis paragraph ini, penulis menggunakan bahasa yang konotatif atau bukan bahasa sehari-hari, sehingga isi dalam paragraph ini pun lebih menonjolkan daya khayal pembaca. Contoh dari jenis paragraph narasi sugestif ini seperti novel, cerpen, roman, dan dongeng.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *