Pengertian Nasa dan Perannya bagi Dunia

Pengertian Nasa dan Perannya bagi Dunia – National Aeronauics and Space Administration merupakan kepanjangan dari NASA adalah lembaga yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat bertanggung jawab atas semua program luar angkasa di Amerika Serikat.

NASA juga melakukan penelitian terhadap semua program luar angkasa untuk para masyarakat sipil, program kedirgantaraan dan aeronautika (penerbangan udara)

Untitled

NASA didirikan sekitar 58 tahun lalu tepatnya 29 Juli 1958 yang berkantor pusat di Washington DC.

Presiden Eisenhower sengaja mendirikan NASA dengan tujuan meningkatkan kebutuhan maskara sipit dan juga sebagai program untuk perdamaian dalam ilmu luar angkasa.

NASA di buat untuk menggantikan organisasi Komite Penasehat Aeronautika Nasional sesuai Undang – undang Aeronautika dan Keluar angkasa dan diresmikan pada tanggal 29 Juli 1958. Pada tanggal 1 Oktober 1958 NASA resmi beroperasi menjalankan tugasnya.

NASA memiliki program angkasa untuk melakukan penelitian luar angkasa dalam jangka panjang.

NASA juga melakukan riset dan melakukan penelitian demi bisa mengembangkan teknologi guna mengirimkan manusia untuk menjelajahi Bumi, Bulan dan planet Mars.

Mereka  juga membuat sebuah stasiun luar angkasa yang di kelola oleh astronot dan bekerja selama 24 jam, 365 hari setiap tahunnya. Itu artinya mereka bekerja setiap hari tanpa henti. Di luar angkasa juga tersedia sebuah laboratorium untuk melakukan riset.

Sekarang ini NASA sedang melakukan riset dan penelitian untuk mencari tahu tentang Bumi, matahari dan luar angkasa.

Dan rencananya pada tahun 2025 NASA juga berencana merealisasikan untuk mengembangkan sistem transportasi udara, yaitu melakukan perancangan  pesawat dan roket yang nyaman, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

NASA juga memiliki tujuan strategis, yaitu :

  • Memperluas dan mempertahankan aktivitas manusia di seluruh tata surya
  • Memperluas pemahaman ilmiah tentang alam semesta dan Planet Bumi
  • Menciptakan inovasi teknologi baru
  • Menjadi peneliti aeronautika yang terdepan
  • Membuat dan mengaktifkan program dan kemampuan institusi kegiatan luar angkasa dan aeronautika
  • Membagikan ilmu pengetahuan kepada seluruh tenaga pendidik dan para mahasiswa untuk memberikan kepada mereka ikut berpartisipasi

Baca Artikel Lainnya : Teleskop NASA Menemukan Planet Paling Mirip Bumi

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *