Pengertian Norma Adat dan Norma Agama

Pengertian Norma Adat dan Norma Agama – Selamat malam semuanya , pada malam ini kita akan sedikit membahas tentang norma , mari kita simak penjelasan berikut ini.

Dalam kehidupan sehari hari tentu kita harus seusuai dan mengikuti norma norma yang berlaku , ada norma adat , ada norma agama , lalu apa itu norma adat ?

norma adat adalah kaidah atau aturan yang hidup dalam masyarakat tertentu yang tumbuh , berkembang , dihargai oleh masyarakt , dan dipertahankan secara turun temurun karena diyakini sebagai sesuatu yang baik , norma ada juga disebut sebagai hukum yang tidak tertulis , sumber dari norma adat ini adalah kepantasan , kepatutan dan kebiasaan yang berlaku pada suatu masyarakat , notrma adat itu tumbuh seiring dengan perkembangan masyarakat itu sendiri , pelanggran terhadap norma adat bisa berupa sebuah pengucilan bagi pelaku oleh komunitas tertentu.

Contoh norma ada yang masih berlaku di Indonesia dan masih terjadi hingga saat ini adalah , yaitu sebuah larangan pernikahan marga yang sama pada orang batak, karena akan di anggap sebagai pernikahan sesama saudara, masyarakat disana mengharuskan perkawinan dilakukan secara endogamy , endogamy adalah sebuah perkawinan antar keluarga yang masih terdapat suatu rumpun suku bangsa bersangkutan .

Lantas apa itu norma agama ?

norma agama adalah sekumpulan kaidah dan petunjuk hidup yang beraal langsung dari tuhan melalui ajaran suatu agama , norma agama menuntut kaidah menuntut ketaatan mutlak penganut suatu agama.

Norma ini mengharuskan penganut suatu agamauntuk menaati semua yang di perintahkan dan dilarang oleh agama., sifatnya mutlak dan tidak bisa di tawar tawar.

norma agama bagi sebagian manusia adalah norma yang paling tinggi. Selain mengatur mengatur hubungan antara manusia , norma agama juga mengatur hubungan dengan tuhan yang maha esa , serta hubungan manusia dengan makhluk ciptaannya.

Nah dan itulah sedikit artikel kita kali ini , semoga apa yang telah ditulis ini , bisa bermanfaat untuk kalian semua , jangan lupa share artikel ini , sekian dan terimakasi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *