Pengertian Pantun, Ciri Pantun & Macam-macam Pantun

Pengertian Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama di Indonesia. Pantun awalnya hanya diungkapkan secara lisan namun seiring jaman, pantun kini diungkapkan secara tertulis.

Pantun dapat diartikan sebagai sebuah ungkapan pikiran dan perasaan yang dituangkan menjadi suatu karya yang memiliki rima dan irama. Selain itu, pantun juga memiliki makna yang diungkapkan dan disusun dengan kata yang menarik sehingga pantun dapat menghibur sekaligus memberikan teguran.

o 92

Ciri-ciri Pantun

  • Memiliki Bait

Ini merupakan salah satu ciri umum pada pantun yakni memiliki bait. Bait pada pantun terdiri atas baris-baris kalimat. Satu bait pantun terdiri dari 4 baris.

  • Memiliki Suku Kata

Selain bait, ciri selanjutnya pada pantun yakni terdapat suku kata. Setiap baris pada pantun memiliki memiliki 8-12 suku kata, sehingga dalam setiap baris memiliki 4-6 kata.

  • Memiliki Sampiran dan Isi

Pantun memiliki sampiran dan isi yang menjadi salah satu ciri khusus dari pantun. Dimana, sampiran merupakan baris perta dan kedua, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi. Biasanya kata pada sampiran da nisi tidak berkaitan, namun justru membuat pantun menjadi menarik.

  • Pantun memiliki sajak a-b-a-b atau bisa juga a-a-a-a. Sehingga tidak boleh menggunakan a-a-b-b ataupun sajak lain.

Macam-macam Pantun

Macam-macam pantun dibagi menjadi dua bagian yakni berdasarkan isinya dan berdasarkan usia atau siklus hidup. Berikut macam-macamnya.

Berdasarkan Isi

  • Pantun Jenaka

Pantun yang banyak disukai karena jenis pantun ini berisikan hal-hal yang lucu dan menarik,.

  • Pantun Teka Teki

Sesuai namanya, pantun ini berisi sebuah teka teki. Sehingga biasanya pembaca atau pendengarnya diberi kesempatan untuk menebak jawaban pada pantun tersebut.

  • Pantun Kiasan

Pantun ini memilih suatu kiasan untuk menyampaikan sesuatu secara tersirat.

  • Pantun Nasihat

Selain menghibur, jenis pantun ini bertujuan untuk memberikan nasihat kepada pembaca atau pendengar seperti budi pekerti, moral dll.

Berdasarkan Usia

  • Pantun Anak-anak

Sesuai dengan namanya, jenis pantun ini berhubungan dengan kehidupan masa anak-anak, baik menggambarkan kegembiaan ataupun kesedihan.

  • Pantun Orang Muda

Pantun ini berhubungan dengan kehidupan pada masa muda. Umumnya pantun inin menggambarkan perkenalan, perasaan, serta hubungan percintaan ataupun nasib.

Baca Artikel Lainnya :

  • Pantun Orang Tua

Pantun ini berhubungan dengan kehidupan orang tua. Jenis ini lebih menggambarkan suatu agama, nasihat atau adat budaya, dan sebagainya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *