Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, & Jenis-Jenisnya

Pengertian Paragraf merupakan sebuah rangkain kalimat-kalimat yang memiliki ide pokok atau pokok kalimat. Kalimat-kalimat yang disusun menjadi satu kesatuan dan saling berkaitan sehingga menciptakan atau memberikan sebuah ide, gagasan atau informasi.

q 75

Dalam arti lain, paragraf bisa disebut dengan suatu karangan singkat. Umumnya dalam satu paragraf, kalimat yang dirangkai tidak terlalu banyak. Namun paragraf juga menjadi suatu bagian dari satu kesatuan karangan atau tulisan.

Ciri-ciri paragraf

  • ciri pertama dari sebuah paragraf yaitu pada kalimat atau baris pertama penulisan terletak lebih dalam yakni dengan jarak sekitar lima spasi.
  • Paragraf memiliki suatu ide pokok yang tertuang dalam salah satu kalimat.
  • Terdapat satu topik kalimat dan dikembangkan oleh kalimat-kalimat pendukung dan penjelas.

Fungsi Paragraf

  • Menuangkan ide atau gagasan.

Sebuah paragraf memberikan ruang bagi penulis untuk menuangkan ide atau gagasan dalam suatu karangan singkat.

  • Menandai peralihan ide atau gagasan baru

Suatu karangan atau tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf biasanya memiliki ide atau gagasan yang berbeda dalam satu paragraf dan paragraf lainnya. Oleh karenanya, suatu paragraf dapat menandai suatu peralihan ide atau gagasan baru.

  • Memudahkan penulis dan pembaca

Paragraf disusun untuk memudahkan penulis dalam menuangkan ide, gagasan atau informasi bagi pembaca untuk memahaminya.

  • Memudahkan pengembangan topic

Dalam sebuah paragraf, penulis bisa lebih mengembangkan topic dalam karangan singkat atau cakupan yang lebih sempit atau kecil.

Jenis-jenis Paragraf

  • Paragraf Narasi

Jenis paragraf ini merupakan suatu karangan yang menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian yang disusun melalui kalimat-kalimat berdasarkan urutan waktu peristiwa tersebut.

  • Paragraf Persuasi

Jenis paragraf ini bersifat mengajak. Kalimat-kalimat yang disusun pada paragraf ini bertujan untuk membujuk seseorang untuk mengikuti atau melakukan sesuatu yang diinginkan penulis melalui tulisan yang disampaikannya.

  • Paragraf Argumentasi

Paragraf ini merupakan suatu karangan yang berisi pendapat, ide dan gagasan penulis terhadap sesuatu dengan disertai bukti dan fakta sebagai pendukung pendapatnya tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

  • Paragraf Eksposisi

Jenis paragraf ini memiliki tujuan untuk menyampaikan, memaparkan dan menjelaskan sebuah informasi atau topic tertentu kepada pembaca untuk dimengerti dan dipahami.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *