Pengertian Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Secara bahasa, paragraph deduktif dan paragraph induktif mempunyai kesamaan yaitu merupakan sebuah paragraph yang mempunya ikalimat utama dan kalimat penjelas. Meskipun begitu, ada perbedaan yang jelas diantara kedua paragraph tersebut.

q 10

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah posisi kalimat utama dalam sebuah paragraph. Jika paragraph deduktif kalimat utamanya berada di awal, maka paragraph induktif kalimat utamanya berada di akhir kalimat.

Pengertian paragraph deduktif

Seperti penjelasan di atas, pengertian paragraph deduktif adalah paragraph yang kalimat utamanya berada di awal alinia. Kalimat utama atau pokok kalimat adalah kalimat yang berisi gagasan utama yang isinya mewakili keseluruhan kalimat.

Secara singkat, salah satu ciri utama dari paragraph deduktif yaitu pokok kalimat yang terletak di awal kalimat. Tentunya pokok kalimat harus berisi tentang rangkuman yang mewakili keseluruhan paragraph. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh paragraph berikut:

Untuk menjadi sebuah pribadi yang baik, maka diperlukan berbagai sikap seperti disiplin, pengertian dan bertanggung-jawab. Sikap disiplin memegang peranan penting dalam membuat pribadi yang baik dikarenakan sikap ini dapat menjadi sebuah tolak ukur sebuah kesuksesan.

Selain itu, sikap pengertian diperlukan dalam hal menciptakan keselarasan sebuah hubungan antar individu dalam masyarakat. Yang juga tidak kalah penting, sikap tanggung jawab menjadi sebuah keharusan dikarenakan sifat ini dapat menjadi represantasi diri.

Pengertian paragraph induktif

Pada paragraph induktif, letak kalimat utamany aberada di akhir kalimat. Secara singkat, pengertian paragraph induktif adalah kalimat utamanya atau poko kkalimat yang berada di akhir kalimat.

Tidak jauh berbeda dengan kalimat utama pada paragraph deduktif, pokok kalimat yang terdapat pada kalimat induktif juga mencakup hal yang sama, yaitu harus terdapat gagasan pokok yang dapat diuraikan.

Dengan kata lain, kalimat utama pada paragraph induktif lebih menyerupai kesimpulan atau rangkuman. Lihat contoh berikut:

Tanggung jawab merupakan sebuah sikap yang harus dimiliki untuk menjadi sebuah individu yang baik. Sifat saling pengertian juga harus dilakukan agar terjadi harmonisasi antar individu dalam sebuah komunitas.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, disiplin juga berperan penting dalam menjadikan individu lebih baik karena dapat mencerminkan jati diri. Oleh karenanya, tanggung jawab, pengertian dan disiplin merupakan sikap yang harus dipunyai untuk menjadikan sebuah individu menjadi lebih baik.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *