Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-cirinya

Berdasarkan jenisnya, paragraph terdiri dari berbagai jenis yang berbeda dengan satu dan yang lainnya mengenai isi dan tujuannya. Salah satu dari jenis paragraph yakni paragraph deskripsi. Mendengar dari namanya, deskripsi yang berarti gambaran.

Dengan begitu, pengertian paragraph deskripsi yakni sebuah paragraf yang berisi melukiskan atau menggambarkan sesuatu hal atau objek yang dirangkai melalui kata-kata yang jelas, tepat dan menarik.

q 31

Objek yang digambarkan bisa berupa berbagai hal seperti ide, gagasan, tempat, sebuah benda maupun suatu kondisi atau peristiwa.

Dalam penulisannya, paragraph deskripsi membutuhkan pemilihan kata yang tepat dan menarik serta menggunakan ilustrasi dalam mendeskripsikan object ersebut, seperti keadaannya, rasa, warna dan lainnya. Sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan serta melihat sendiri objek yang dideskripsikan atau digambarkan oleh penulis.

Sederhananya, paragraph deskripsi yakni memotret atau melukiskan suatu benda atau objek lainnya melalui rangkaian kata-kata. Sebuah karya tulis tidak terlepas dari ciri-ciri atau karakteristiknya. Begitu pula dengan paragraph deskripsi ini.

Ciri-ciri paragraph deskripsi

  • Berisi gambaran atau keterangan mengenai suatu objek tertentu, baik itu berupa benda, tempat, peristiwa maupun keadaan atau suasana tertentu.
  • Objek yang digambarkan melibatkan semua panca indra seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, serta pengecapan.
  • Membuat pembaca seperti merasakan, melihat atau mengalami sendiri mengenai objek yang digambarkan penulis.
  • Menjelaskan dan menggambarkan setiap cirri fisik serta sifat objek tersebut seperti rasa, bentuk, ukuran, warna, maupun kepribadian yang diuraikan dengan jelas dan terperinci.
  • Lebih banyak menggunakan frase atau kata-kata yang memiliki makna sifat atau keadaan.
  • Memberikan atau menimbulkan kesan seperti kekaguman kepada pembaca.

Adapun paragraph deskripsi terdiri dari beberapa jenis. Berikut jenis-jenis paragraf deskripsi.

  • Paragraf Deskripsi Spasial

Merupakan paragraf yang menggambarkan atau melukiskan suatu ruang atau tempat dimana berlangsungnya sebuah kejadian atau peristiwa tertentu.

  • Paragraf Deskripsi Objektif

Merupakan paragraf yang melukiskan orang atau suatu hal dengan menjelaskan identitasnya dengan sebenarnya agar pembaca dapat membayangkan keadaan atau kondisinya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Paragraf Deskripsi Subjektif

Jenis paragraf deskripsi ini yaitu melukiskan dan menggambarkan suatu hal atau objek secara tafsiran atau berdasarkan perasaan penulis.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *