Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya

Sebelum mengartikan paragraph eksposisi secara luas, paragraph eksposisi itu sendiri berasal dari kata expose yang artinya memaparkan atau mengungkapkan suatu hal. Selain itu, paragraph eksposisi juga mengandung penjelasan serta informasi di dalamnya.

Dengan begitu, paragraph eksposisi diartikan sebagai sebuah paragraph yang berisi berbagai penjelasan beserta informasi maupun pengetahuan mengenai suatu topic yang dipaparkan atau disampaika noleh penulis melalui sebuah tulisan.

q 46

Paragraf eksposisi ini pun tentu memiliki tujuan yakni tujuan dari paragraph eksposisi ini untuk memberikan informasi maupun pengetahuan secara jelas kepada pembaca.

Paragraph eksposisi ini memiliki beragam jenis yang tentu berbeda pula tujuan dari paragraph eksposisinya,jenis-jenis paragraph eksposisi ini diantaranya.

  • Eksposisi Definisi

Jenis paragraph eksposisi ini memaparkan definisi dari suatu topic tertentu. Tidak hanya pengertian yang disampaikan pada paragraph ini, melainkan mencakup setiap hal mengenai topic tersebut.

  • Eksposisi Laporan

Jenis eksposisi ini berisi atau memaparkan laporan dari suatu berita yang terjadi maupun sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sesuatu yang kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan paragraph.

  • Eksposisi Proses

Paragraph eksposisi proses ini merupakan jenis paragraph yang berisi dan memaparkan suatu proses atau langkah mengenai suatu hal secara urut dan terperinci.

  • Eksposisi Ilustrasi

Jeni seksposisi ini memiliki dua hal atau topic yang disampaikan namun tidak membandingkannya. Hanya saja, paragraph eksposisi ilustrasi ini memberikan penjelasan atau pemaparan secara sederhana mengenai satu topic dengan topic lainnya yang mempunyai kemiripan atau kesamaan sifat.

  • Eksposisi Klarifikasi

Paragraph eksposisi klarifikasi ini dibuat dengan cara membagi, mengelompokan serta mengklarifikasi suatu hal atau topic tertentu. Tujuan dari pada paragraph klarifikasi ini yaitu untuk membuat pembaca mudah memahami dan mendapatkan informasi dan penjelasan yang disampaikan.

  • Eksposisi Perbandingan

Melalui jenis paragraph eksposisi ini, penulis bertujuan untuk menyampaikan, menerangkan serta menjelaskan suatu hal dengan hal lainnya dengan cara membandingkan keduanya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Eksposisi Pertentangan

Sama halnya seperti eksposisi perbandingan, namun pada jenis paragraph eksposisi pertentangan ini berisi suatu hal atau topic yang bertentangan dengan topic lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *