Pengertian Paragraf Persuasif dan Contohnya

Pengertian Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif merupakan salah satu dari jenis paragraf. Paragraf persuasi diartikan sebagai paragraf yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca agar mengikuti atau melakukan keinginan penulis yang diungkapkan dalam paragraf tersebut.

q 74

Tujuan dari paragraf persuasi pun jelas yakni untuk mengimbau, merayu, membujuk, mengajak serta mempengaruhi pembaca agar mengikuti apa yang disampaikan penulis. Namun dalam membuat paragraf ini tentu harus disertai data-data dan bukti sebagai pendukung agar tujuan dari paragraf ini dapat terwujud.

Ciri umum pada paragraf persuasi ini yakni terdapat kata atau kalimat ajakan seperti lakukanlah, ayo, mari, dan sebagainya. Jenis paragraf ini pun beragam, yakni mulai dari persuasi iklan, persuasi pendidikan, persuasi propaganda, dan lain-lain.

Contoh Paragraf Persuasi

Berikut ini beberapa contoh paragraf persuasi berdasarkan jenisnya.

Persuasi Pendidikan

Ayo Belajar Bahasa Inggris

Seiring perkembangan jaman, tidak dipungkuri kebutuhan bahasa inggris menjadi sangat penting. Terutama di era globalisasi ini menuntut semua orang untuk bersaing di dunia pekerjaan khususnya.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan harus dimiliki oleh setiap orang jika tidak ingin tertinggal. Oleh karena itu, ayolah belajar bahasa inggris sedini mungkin jika bisa. Lakukanlah banyak praktek seperti bicara, mendengarkan, membaca serta menulis dalam bahasa inggris. Belajar tanpa memparaktekannya tidak akan mendapat hasil maksimal. Jadi, marilakukan keduanya. Belajar dan lakukan praktek bahasa inggris.

Persuasi Propaganda

Jangan Kotori Sungai dengan Sampah

Menjaga kebersihan sungai sepertinya menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian masyarakat. Banyak yang masih memakai sungai untuk membuang sampah. Padahal dengan banyaknya sampah di sungai dapat membawa dampak buruk seperti bencana banjir misalnya.

Itulah mengapa, penting bagi semua masyarakat untuk menjaga sungai dari sampah-sampah yang dapat mendatangkan bencana. Marilah untuk tidak mengotori sungai dengan tidak membuang sampah di sungai.

Baca Artikel Lainnya :

Karena sungai merupakan bagian dari alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Kita semua tentu tidak mau bencana banjir atau bencana lain datang. Oleh karena itu, jagalah sungai kita dan jangan kotori sungai dengan sampah.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *