Pengertian Partai Politik Menurut beberapa pakar dan Ahli

Secara umum partai politik dapat diartikan sebagai sarana politik yang menjadi jembatan bagi para pelaku politik dalam usahanya untuk mendapatkan kekuasaan politik dalam suatu negara yang mempunyai ciri-ciri mandiri dalam perihal finansial, memiliki ideologi atau haluan politiknya secara tersendiri, lalu mengusung kepentingan suatu kelompok dalam hal politik dan juga memberikan pembangunan secara politik.

b 59

Fungsi dari partai politik sendiri dapat dibagi menjadi empat diantaranya yaitu :

  1. Partai politik meruapakan sarana komunikasi dalam berpolitik. Sebuah partai memberikan beragam pendapat dan juga menyampaikan aspirasi rakyat. Dalam hal ini partai polirik berusaha untuk menggabungkan kepentingan maysarakat lalu membuat rumusan mengenai kepentingan masyarakat tersebut menjadi sebuah bentuk yang teratur. Rumusan yang dibuat ini merupakan sebuah ralat terhadap kebijakan yang diputuskan oleh para penguasa atau bisa berupa usulan yang diberikan kepada penguasa agar memutuskan suatu kebijakan yang sesuai dengan kepentingan masyarakat.
  2. Partai politik merupakan sarana sosialisasi politik dalam hal ini partai dapat memberikan pandangan, pendapat maupun sijap terhadap sebuah fenomena tertentu baik itu sebuah peristiwa ataupn kebijakan politik yang terjadi pada masyarakat. Spsialisasi politik dalam hal ini juga merupakan proses dalam memberikan norma dan nilai untuk para generasi selanjutnya. Selain itu, partai politik juga terkadang ingin menciptakan sebuah citra bahwa suatu partai politik tersebut memperjuangkan kepentingan umum.
  3. Partai politik juga merupakan sebuah sarana rekrutmen politik dimana sebuah partai politik memiliki fungsi untuk mencari orang agar dapat turut serta dalam kegiatan politik sebagai anggota dari partai tersebut.
  4. Partai politik juga berfungsi sebagai sarana pengatur konflik. Misalnya, jika terdapat sebuah kejadian dalam masyarakat seperti perbedaan pendapat partai politik akan berusaha untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Untuk lebih memahami apa itu arti dari partai politik yang merupakan suatu komponen dalam struktur politik sebuah negara, berikut akan dipaparkan pengertian partai politik dari beberapa ahli, berikut penjelasannya :

  • Miriam Budiardjo : Partai politik menurut Miriam Budiardjo adalah suatu kelompok yang terorganisir dimana para anggotanya memiliki nilai-nilai, cita-cita, dan juga orientasi yang sama dengan tujuan dari partai politik tersebut dalam mencapai sebuah kekuasaan politik dan biasanya juga merebut kedudukan politik dari partai lain yang dilakukan secara konstitusional dalam rangka melaksanakan kebijakan-kebijakan yang mereka buat.

Baca Artikel Lainnya :

  • Carl J. Friedrich : Friedrich menjelaskan bahwa partai politik adalah sekelompok manusia yang terorganisir yang memiliki tujuan untuk mempertahankan penguasaan atau pun merebut pemerintahan dan berdasarkan penguasaan tersebut dapat membei manfaat baik yang bersifat materil maupun ideal kepada para anggotanya.
  • H. Soltou : Menurut Soltou Partai Politik merupakan sekelompok warga negara yang bersatu secara terorganisir yang memiliki tindakan untuk mencapau suatu kesatuan politik dengan menggunakan kekuasaan untuk memilih yang memiliki tujuan untuk menguasai pemerintahan dan melaksanakan kebijakan umum yang dibuat.

Demikian uraian mengenai pengertian partai politik oleh para ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *