Pengertian Penawaran Dan Permintaan

Pengertian Penawaran Dan Permintaan – Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas sebuah topik mengenai pengertian penawaran dan permintaan.

Pengertian Penawaran Dan Permintaan

Pengertian Penawaran Dan Permintaan

Dalam ilmu ekonomi ada sebuah kegiatan yang dinamakan dengan transaksi, dan kegiatan transaksi ini biasanya akan melibatkan penawaran (supply) dan permintaan (demand), dimana kedua faktor ini akan bertemu pada satu titik dan menghasilkan titik temu yang melibatkan kualitas dan kuantitas dari suatu produk.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1). Pengertian Penawaran dan Permintaan

Pengertian permintaan adalah jumlah barang yang dibeli atau diminta berdasarkan nilai pada waktu tertentu. Sedangkan pengertian dari penawaran adalah jumlah barang yang dijual atau ditawarkan berdasarkan nilai pada waktu tertentu.

Sebagai contoh dari penawaran dan permintaan adalah pada sebuah kasus di pasar tanah abang seorang pembeli dan pedagang melakukan sebuah transaksi.

Pembeli melakukan permintaan (hendak membeli) sebuah pakaian berdasarkan jumlah yang diminta dan kemudian pedagang melakukan penawaran (memutuskan harga) terhadap jumlah pakaian yang hendak ditawar.

Transaksi dari penawaran dan permintaan inilah yang akhirnya akan menemui sebuah titik temu berupa tawar-menawar terhadap kualitas dan kuantitas suatu produk yang akhirnya disepakati bersama-sama baik oleh pihak yang memberi permintaan atau yang melakukan penawaran.

2). Hukum Penawaran dan Permintaan

Pada hakikatnya setiap orang ingin mencari keuntungan dari proses transaksi jual-beli. Apabila harga barang semakin murah, maka pembeli akan membeli barang tersebut semakin banyak dan bagi penjual tentu saja akan mengalami kerugian yang berakibat ‘gulung tikar’.

Namun apabila harga barang semakin mahal, pembeli akan mencari barang alternative lain, sebaliknya barang yang dijual dengan nilai yang tinggi akan mengakibatkan keuntungan bagi penjual termasuk dalam hal peningkatan produksi terhadap suatu produk.

3). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penawaran dan Permintaan

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah sebagai berikut :

  1. Biaya produksi yang dikeluarkan
  2. Teknologi yang digunakan
  3. Pajak
  4. Ketersediaan barang pengganti/pelengkap/alternatif
  5. Prediksi baik kualitas atau harga tersebut di masa mendatang

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah sebagai berikut :

  1. Selera dan perilaku pembeli/konsumen
  2. Ketersediaan akan barang pengganti/pelengka[/alternatif
  3. Pendapatan pembeli
  4. Prediksi harga suatu barang di masa depan
  5. Kebutuhan konsumen

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian penawaran dan permintaan.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *