Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan

Mahluk hidup merupakan mahluk yang membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk dapat melakukan aktivitasnya. Terutama bagi manusia dan hewan.

Sedangkan tumbuhan akan memperoleh dari cahaya matahari, CO2, dan air yang akan diproses dalam fotosintesis yang kemudian dihasilkan oksigen untuk bernapas manusia dan hewan. Dalam berbagai proses tersebut antara mahluk hidup yang satu dengan mahluk hidup alinnya terjadi suatu interaksi satu sama lain.

l 116

Proses inilah yang biasa dikenal sebagai rantai makanan, yaitu proses perpindahan energi antar organisme pada suatu tingkatan ke tingkatan lainnya dengan proses saling memakan yang terjadi secara berulang dan terus menerus.

Dan jika ada salah satu komponen yang hilang, akan sangat mempengaruhi kehidupan organisme lainnya.

Rantai makanan terdiri dari suatu tingkatan yang terstruktur. Yang masing-masing tingkatan mempunyai peran yang sangat penting, dan apabila salah satu menghilang akan mempengaruhi satu sama lain.

Tingkatan tersebut terdiri dari produsen, konsumen-konsumen, dan pengurai atau dekomposer. Produsen merupakan tingakatan paling bawah yang dapat menghasilkan makanan sendiri, biasanya berupa tanaman.

Misalnya, padi, sayuran, dan sebagainya. Konsumen biasanya terdiri dari dua atau lebih konsumen yang akan berperan sebagai herbivora maupun karnivora. Herbivora merupakan konsumen tingkat I yang akan memakan produsen.

Karnivora merupakan konsumen tingkat II yang akan memakan konsumen tingkat I dan seterusnya. Pengurai atau dekomposer biasanya berupa bakteri yang akan menguraikan konsumen tingkat akhir yang sudah mati didalam tanah.

Penulisan rantai makanan biasanya digambarkan dengan tanda panah yang saling berkaitan. Berikut contoh rantai makanan berdasarkan habitan dan ekosistemnya.

  • Pada Ekosistem Darat

Merupakan rantai makanan yang ada pada ekosistem daratan. Contohnya:

  1. Padi → tikus → burung hantu → dekomposer
  2. Rumput → ulat → ayam → burung elang → dekomposer
  3. Sayuran → serangga atau belalang → burung kecil → burung elang → dekomposer
  • Pada Ekosistem Perairan

Merupakan rantai makanan yang ada pada ekosistem perairan, baik perairan air tawar maupun perairan air laut. Contohnya:

Baca Artikel Lainnya :

  1. Udang → ikan kecil → ikan besar → manusia → dekomposer
  2. Plankton ­→ ikan kecil → burung flamingo → dekomposer
  3. Plankton → ikan → anjing laut → ikan hiu → dekomposer
  4. Plankton → ikan salmon → beruang kutub → dekomposer

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *