Pengertian Resensi dan Unsur-unsur Resensi

Mendengar kata resensi mungkin sebagian orang ada mengenal dan memhami dengan hal ini, namun bagi sebagiannya lagi mungkin kata tersebut terdengar asing. Resensi berkaitan dengan sebuah karya sastra.

Secara sederhana, resensi diartikan sebagai ulasan. Pengertian resensi secara luas yakni suatu tulisan atau karangan yang berisi ulasan serta penilaian terhadap sebuah karya sastra atau karya seni. Misalnya saja buku, novel, komik, puisi, drama atau film.

q 49

Adapun tujuan dari dilakukannya resensi yaitu untuk menyampaikan dan menjelaskan kepada pembaca mengenai sebuah karya apakah itu layak dan patut untuk menjadi konsumsi masyarakat luas atau tidak. Resensi ini umumnya berisi pembahasan, penilaian, pengkritikan serta pengungkapan kembali isi didalamnya.

Sebagai bagian dari suatu karangan atau tulisan, resensi memiliki sejumlah unsure didalamnya. Berikut unsur-unsur yang ada dalam resensi.

  • Menentukan judul resensi

Judul pada sebuah resensi harus ditentukan dan dibuat dengan semenarik mungkin. Judul resensi harus berkaitan dan selaras dengan isi dari resensi tersebut.Dalam menentukan dan membuat judul resensi dapat dilakukan setelah menulis resensi selesai.

  • Menyusun data buku

Dalam penyusunan data buku ada baiknya disusun secara berurutan. Urutan penyusunan data buku diantaranya :judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, tahun terbit beserta cetakan keberapa, tebal buku, serta harga buku jika diperlukan.

  • Membuat pembukaan

Dalam pembukaan suatu resensi bisa berisi sebagai berikut:

  1. Perkenalan yang berisi nama pengarang karya serta prestasinya.
  2. Membandingkan dengan karya serupa, baik yang telah diciptakan pengarang sendiri atau pengarang lain.
  3. Mamaparkan mengenai sosok pengarang
  4. Mengulas keunikan buku secara singkat
  5. Merumuskan tema pada karya tersebut
  6. Memberikan kesan dan kritik suatu karya
  7. Mengenalkan penerbit
  8. Mengajukan pertanyaan
  9. Membuka sesi dialog dan diskusi
  • Isi/Tubuh

Hal-hal yang dimuat dan disampaikan pada isi atau tubuh ini diantaranya sinopsis, ulasan isi karya secara singkat, keunggulan serta kelemahan suatu karya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Penutup resensi

Unsur terakhir yakni penutup resensi yang berisi apa tentang suatu karya tersebut harus dinikmati, contoh jika resensi buku maka penulis resensi menggunakan bahasa yang menekankan mengenai pentingnya untuk membaca buku tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *