Pengertian Respirasi Aerob Makhluk Hidup

Pengertian Respirasi Aerob Makhluk Hidup – Apa itu respirasi aerob? Respirasi merupakan sebuah proses pembuatan energi yang terdapat pada makhluk hidup melalui proses pemecahan sumber energi yang terdapat dalam tubuh. Suatu proses respirasi yang terjadi pada makhluk hidup ini terbagi menjadi dua, yaitu respirasi aerob dan respirasi anaerob.

a1

Respirasi Aerob

Respirasi aerob merupakan sebuah reaksi pembongkaran (katabolisme) yang terjadi di dalam proses tersebut membutuhkan adanya sumber oksigen. Ciri dari proses respirasi yang satu ini terletak pada pembentukan energi yang sangat banyak. Energi yang dibentuk tersebut seringkali disebut sebagai ATP atau Adenosin Tri Phosphat. Dimana energi yang dihasilkan ini kemudian akan digunakan dalam seluruh aktifitas kehidupan seperti pertumbuhan, perkembangan, gerak dan lain sebagainya. Proses respirasi ini juga terjadi di dalam organel mitokondria.

Respirasi Anaerob

Sementara respirasi anaerob merupakan suatu proses pembentukan energi yang tidak memerlukan adanya oksigen. Meskipun energi yang dihasilkan sangatlah sedikit (2 ATP). Respirasi ini juga terjadi di dalam ruang berbeda yaitu lebih tepatnya di dalam sitoplasma sel. Proses respirasi yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai pada fermentasi atau seringkali disebut sebagai proses pernapasan intra seluller.

Bakteri

Seperti halnya pada makhluk hidup yang lainnya, bakteri juga merupakan organisme yang mampu melakukan respirasi. Sesuai dengan cara respirasinya, bakteri tersebut dibagi menjadi bakteri aerob dan anaerob. Berikut merupakan penjabaran sederhana mengenai kedua jenis bakteri tersebut.

Bakteri aerob adalah bakteri yang melakukan respirasi dengan bantuan oksigen serta akan mati jika tidak mendapatkan oksigen. Bakteri yang satu ini mudah dikenali ketika hidup di dalam media cairan. Hal ini dikarenakan bakteri aerob akan hidup pada permukaan media cair tersebut. Pasalnya proses respirasi aerob akan lebih mudah dilakukan pada permukaan media cair karena kan secara langsung bersentuhan dengan udara.

Bakteri aerob dikenal melakukan tiga tahapan respirasi yaitu:

  1. Glikolisis

Dalam proses ini bakteri aerob akan melakukan pemecahan molekul gula untuk dijadikan senyawa asam piruvat.

  1. Siklus Krebs

Dalam tahapan ini proses respirasi bakteri aerob akan menghasilkan oksaloasetat serta asam nitrat.

  1. Transport Elektron

Pada tahapan inilah proses respirasi bakteri aerob nantinya dapat menghasilkan energi.

Sementara untuk bakteri aneorob merupakan bakteri yang memiliki kemampuan hidup pada kondisi yang tidak terdapat oksigen. Bakteri yang satu ini baru akan mati ketika terpapar oleh oksigen yang terlalu berlebihan. Jika media hidup bakteri adalah cair, maka bakteri yang satu ini justru tumbuh di dasar cairan. Umumnya bakteri anaerob dimanfaatkan dalam proses fermentasi, misalnya seperti di dalam proses pembuatan tape secara tradisional. Dimana bakteri ini dapat diperoleh dari ragi serta prosesnya akan dilakukan secara tertutup rapat. Maka tidak heran jika banyak yang gagal membuat tape hanya karena bakteri tersebut mati terpapar oksigen.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Pengertian Respirasi Aerob Makhluk Hidup

  1. Pingback: Fungsi Sekaligus Sifat Membran Sel | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Ganggang, Protista Serupa Tumbuhan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *