Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar – Dalam melakukan usaha, mengetahui kebutuhan pasar adalah satu kemampuan yang  dibutuhkan.

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar

Pelaku usaha tidak bisa menjalankan usaha tanpa terlebih dahulu memahami bagaimana kondisi pasar, siapa target market, apakah market dengan kategori tertentu akan selalu memiliki kebutuhan yang sama atau apakah produk yang memiliki branding ramah lingkungan jelas akan mengalami permintaan yang tinggi di pasar pada suatu wilayah?

Beberapa hal ini haruslah bisa dipertimbangkan pelaku usaha ketika akan menjual suatu produk atau jasa.

Mengkategorikan apakah konsumen di suatu tempat, konsumen usia tertentu membutuhkan produk tertentu dilakukan melalui segmentasi pasar.

Segmentasi pasar merupakan proses pengelompokan pasar yang bersifat sama ke dalam kelompok atau segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku atau respon terhadap suatu barang atau jasa yang dipasarkan.

Segmentasi pasar dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar serta sistem manajemen yang sesuai dengan proses bisnis dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Proses pengelompokan ini dilakukan melalui studi empiris, yaitu studi yang berdasarkan dari data hasil eksperimen atau data yang berasal dari pengamatan.

Konsumen biasanya akan melihat suatu barang atau jasa dari manfaat atau solusi yang ditawarkan berdasarkan suatu permasalahan.

Pada perkspektif ini, produsen atau pemberi jasa menempatkan permintaan pasar sebagai poin utama ketika melakukan segmentasi pasar.

Sedangkan bila suatu segmentasi pasar dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar akan suatu produk atau jasa yang sudah ada di pasaran sebelumnya namun dengan penawaran yang berbeda dari produk lain, maka segmentasi pasar didasarkan pada penawaran sebagai poin utama.

Pada dasarnya segmentasi pasar hanya dibagi ke dalam dua kategori, yaitu segmentasi berdasarkan kebutuhan pelanggan serta segmentasi berdasarkan situasi pemakaian produk.

Seperti apakah kebutuhan pelanggan dalam melakukan konsumsi makanan cepat saji akan sama di daerah yang berbeda atau bagaimanakah kondisi konsumen yang gemar memesan makanan cepat saji?

Apakah mereka dari kalangan menengah ke atas, atau keluarga yang tidak memiliki waktu untuk menyajikan masakan rumahan?

Ataukah dari pekerja yang tinggal sendiri? Pengelompokan ini akan dapat membantu untuk menyesuaikan kebutuhan yang berbeda berdasarkan keinginan pengunjung.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *