Pengertian Sejarah dan  Peraturan Permainan Sepak Takraw

Kali ini akan dibahas mengenai pengertian, sejarah dan peraturan yang mendasar dari olahraga sepak takraw

g 79

  1. Pengertian sepak takraw adalah sebuah olahraga yang identik seperti olahraga bola volley, sehingga dapat dikatakan olahraga sepak takraw merupakan campuran dari bola volley, namun sedikit berbeda terhadap bola volley, bahwa sepak takraw dimainkan dengan tidak boleh menyentuh bola dengan tangan layaknya bermain sepak bola.
  1. Sejarah permainan olahraga sepak takraw diketahui berasal dari zaman pemerintahan Kesultanan Melayu pada tahun 634 – 713, yang pada saat itu dikenal dengan nama “sepak raga” dalam bahasa melayu.

Seperti pada umumnya bahwa pembuatan bola takraw pada zaman kesultanan melayu dengan menggunakan anyaman dari tanaman rotan.

Catatan sejarah penting bermula ketika pada zaman pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni (1459-1477) memiliki masalah ketika anak putranya yang bernama Raja Ahmad di asingkan dari kesultanan melayu.

Hali ini dikarenakan telah membunuh anak dari bendahara kesultanan sesaat ketika bermain “sepak raga”, yang tak lama kemudian diangkat menjadi Sultan di Pahang dengan gelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.

  1. Peraturan yang digunakan permainan olahraga sepak takraw adalah: pemain dilarang menyentuh bola dengan tangan, setiap pemain memiliki maksimal jatah 3 kali juggling (menyentuh bola berturut-turut), dan tempat posisi pemain bertahan tak dapat di rolling.

Dalam ukuran lapangan yang digunakan sepak takraw adalah 13,40 m x 6,10 m. Sedangkan untuk ukuran net pada sepak takraw memiliki perbedaan terhadap putera dan puteri, diketahui bahwa ukuran untuk net putera (tinggi 1,55 m) dan untuk ukuran net pada puteri (tinggi 1,45 m).

Baca Artikel Lainnya :

Dalam segi formasi, sepak takraw yang dalam 1 team nya terdiri dari 4 anggota pemain, dengan 3 pemain yang disebut tekong, apit kanan, dan apit kiri, sedangkan 1 orang nya di asosiasikan sebagai pemain cadangan.

Perlu diketahui bahwa tugas tekong adalah sebagai penyepak awal sebagai mulainya permainan, sedangkan tugas apit kanan dan apit kiri sebagai pengumpan bola kepada tekong dalam service bola awal.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *