Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations ini merupakan sebuah organisasi regional yang berada dikawasan Asia Tenggara dimana para anggotanya juga berasal dari negara-negara yang ada di asia tenggara.

g 52

ASEAN pada awalnya hanya memiliki lima anggota namun saat ini keangotaannya sudah bertambah menjadi 10 anggota dengan negara-negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja dan Brunei Darussalam.

ASEAN sendiri adalah sebuah organisasi regional dimana kewilayahannya begitu besar yang jika luas wilayah tersebut dijumlahkan dapat berjumalh 1,7 juta mil persegi atau sekitar 4,5 juta kilometer persegi dimana jumlah penduduk pada wilayah Asia Tenggara mencapai setengah milyar orang.

Pada awalnya ASEAN memang dibentuk yang memiliki tujuan untuk dapat membantu negara-negara ASEAN baik pada bidang, ekonomi, budaya, dan juga sosial.

Sejarah ASEAN

 ASEAN sendiri dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dimana sebelumnya pada 5 Agustus 1967 lima negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan juga Thailand mengadakan konferensi yang diadakan di Bangkok, Thailand.

Konfrensi tersebut akhirnya membuahkan hasil dimana terjadi suatu persetujuan yang dikenal dengan Persetujuan Bangkok.

Persetujuan Bangkok itu sendiri ditandatangani oleh kelima menteri luar negeri dari lima negara tersebut, mereka diantaranya adalah :

    1.      H. Adam Malik, Meteri Luar Negeri Negara Indonesia

    2.      Tun Abdul Razak, Meteri Luar Negeri Negara Malaysia

    3.      S. Rajaratman, Meteri Luar Negeri Negara Singapura

    4.      Narsisco Ramos, Meteri Luar Negeri Negara Filipina

    5.      Thanat Khoman, Meteri Luar Negeri Negara Thailand

Anggota lainnya sendiri bergabung pada tahun yang berbeda. Dimana pada tahun 1984 Brunei Darussalam bergabung dengan ASEAN setelah meraih kemerdekaan dari Inggris dan lalu diikuti oleh Vietnam yang menjadi anggota ketujuh dalam ASEAN pada tahun 1995.

Lalu tahun 1997 Laos dan Myanmar menjadi anggota dari ASEAN, lalu Kamboja yang menjadi anggota kesepuluh yang bergabung dengan ASEAN pada tahun 1999.

Deklarasi atau persetujuan Bangkok ini lah yang dianggap menjadi dokumen dari pendiri ASEAN dimana didalamnya juga diresmikan prinsip-prinsip kerjasama dan perdamaian yang didedikasikan bagi para warga negara di Asia Tenggara,

Tujuan ASEAN

Tujuan dari dibentuknya ASEAN ini seperti yang terdapat pada persetujuan Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 adalah sebagai berikut :

  • Untuk meningkatkan perekonomian di negara-negara Asia Tenggara dan juga untuk memajukan sosial budaya di Asia Tenggara.
  • Menciptakan perdamaian dan juga stabilitas regional.

Baca Artikel Lainnya :

  • Untuk kemajuan kerja sama baik dalam budang industri, pertanian, komunikasi, perdagangan, dan juga pengangkutan, lalu juga dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memajukan penelitian yang dilakukan bersama terkait permasalahan di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *