Pengertian Sel dan Bentuk-Bentuk Sel

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang pengertian sel dan bentuk-bentuk sel yang meliputi pengertian sel, macam-macam sel, dan bentuk-bentuk sel. Dari pada kita semakin penasaran, maka langsung saja kita baca pembahasan dibawah ini.

s 76

Pengertian Sel

Istilah sel berasal dari bahasa latin yaitu Cella yang berarti ruangan kecil. Namun, pengertian sel secara umum merupakan unit dasar biologis dan fungsional dari semua organisme makhluk hidup.

Selain itu, sel juga dapat diartikan sebagai unit terkecil dalam kehidupan yang dapat memperbanyak diri secara sendiri dan sering kali disebut dengan building blocks of life.

Pengertian sel juga dapat didefinisikan sebagai ruangan kecil yang dapat menampung peralatan biologis atau hidup yang digunakan untuk menjaga organisme agar tetap hidup dan lestari. Ilmu pengetahuan yang mempelajari sel disebut dengan biologi sel.

Bagian-bagian sel tidak dapat berdiri sendiri untuk menyusun kehidupan. Sel terdiri atas beberapa bagian seperti membrane sel, sitoplasma, dan organel-organel lainnya. Semua fungsi kehidupan berlangsung dan diatur di dalam sel, sehingga sel dapat berfungsi secara autonomy asalkan semua kebutuhan hidupnya terpenuhi atau tersedia.

Macam-Macam Sel

Setiap sel yang hidup tentunya memiliki membrane dan cairan yang dinamakan dengan sitoplasma. Selain itu, sel juga memiliki nukleus (inti) atau bahan inti.

Berdasarkan ada tidaknya membrane yang melindungi nukleus, sel dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu prokariot dan eukariot. Sel yang tidak memiliki membrane inti disebut dengan prokariot, contohnya adalah bakteri dan alga biru.

Sedangkan sel yang memiliki membrane inti disebut dengan eukariot, contohnya adalah sel-sel pada tumbuhan dan hewan. Baik sel prokariot atau eukariot, sama-sama memiliki ukuran yang sangat kecil. Di dalam tubuh kita terdapat sekitar kurang lebih 200 jenis sel, sedangkan jumlah sel keseluruhan di dalam tubuh kita sekitar 50 miliar sel.

Berdasarkan banyaknya sel yang menyusun tubuh, organisme dibedakan menjadi dua macam yaitu organisme bersel satu dan organisme bersel banyak. Organisme bersel satu disebut dengan uniseluler, contohnya adalah bakteri dan ganga biru.

Pada organisme uniseluler, semua kegiatannya diatur oleh sel itu sendiri. Seperti makan, bernapas, mengeluarkan zat sisa, bergerak, hingga berkembang biak. Sedangkan organisme bersel banyak disebut dengan multiseluler, contohnya adalah kambing dan anjing.

Berbeda dengan sel pada organisme uniseluler, sel-sel pada organisme multiseluler mengadakan pembagian tugas. Ada yang bertugas untuk menangkap cahaya, ada yang bertugas menangkap suara, ada yang bertugas mengeluarkan suara, dan masih banyak lagi.

Bentuk-Bentuk Sel

Sel memiliki bentuk dan ukuran yang beranekaragam seperti bulat, oval, lonjong, segi lima, segi enam, persegi banyak, pipih, dan ada juga yang memiliki bentuk tidak beraturan. Umumnya, sel memiliki ukuran yang sangat kecil sekitar 5 mikron sampai 15 mikron (Sebagai catatan, 1 mikron sama dengan 0,001 mm).

Baca Artikel Lainnya :

Sekian penjelasan tentang pengertian sel dan bentuk-bentuk sel, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *