Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Software atau yang biasa disebut sebagai perangkat lunak adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengkontrol perangkat keras. Software juga dapat dikatakan sebagai data yang diprogram dan disimpan secara digital dalam sebuah aplikasi, dalam hal ini termasuk proram-program yang terdapat pada komputer.

a 47

Oleh karena itu, software merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau dengan kata lain bekerja sebagai sebuah sistem.

Sifat dari software ini tentu berbeda dengan hardware, dimana hardware meruapakan perangkat yang bentuknya nyata, yang dapat dilihat dan juga dipegang langsung oleh manusia, sedangkan software tidak demikian, meskipun begitu software juga sama seperti hardware dimana mampu untuk dioperasikan dan dijalankan. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai jenis-jenis dari software.

Jenis-Jenis Software

Terdapat jenis-jenis dari software yang dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, berikut uraiannya :

  1. Freeware : Software ini memiliki hak cipta yang gratis yang membuat software ini dapat digunakan tanpa batasan waktu.
  1. Shareware : Software ini merupakan sebuah software uji coba jadi dalam pengunaannya bersifat terbatas, baik itu dari terbatasnya waktu pemakaian, ataupun fitur-fitur yang tidak lengkap. Keberadaan dari shareware ini sebenarnya hanya untuk memberikan gambaran kepada calon pembeli untuk menggunakan program sebelum membeli lisensi versi yang lengkap. Shareware juga sering disebut dengan Trialware.
  1. Firmware : Firmware merupakan sebuah software yang terdapat pada perngkat lunak yang berada di dalam Memori Read Only Memory. Hal ini yang membuat firmware tidak dapat berubah walaupun tidak dialiri listrik.
  1. Commercial Software : Software ini merupakan software yang dibuat untuk tujuan komersil. Sehingga setiap pengguna yang ingin menggunakan software ini harus membeli terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan. Commercial Software ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta sehingga dilarang secara keras untuk diperbanyak dan disebarluaskan secara bebas tanpa izin dari pembuat suatu sofrware.
  1. Malware : Software ini merupakan sebuah software yang berbahaya karena sengaja diciptakan untuk merusak sistem komputer ataupun jaringan komputer. Jenis software yang berasal dari kedua kata yaitu malicious dan software ini lebih familiar disebut dengan virus dalam istilah komputer.

Pembagian Software

Setelah melihat uraian diatas mengenai pengertian software dan juga jenis-jenis software, selanjutnya akan dijelaskan mengenai pembagian software. Software sendiri memang dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Pembagian software yang pertama adalah software sebagai sistem operasi (Operating System) seperti, Windows, MAC OS, atau linux. Lalu yang kedua adalah software sebagai perogram pembantu (Utility), seperti Anti Virus, Windows Exploler, dan PC Tools.

Yang ketiga adalah software sebagai program aplikasi dimana terdapat aplikasi pengolah kata seperti MS. Word, lalu aplikasi pengolah angka seperi, Ms. Excel, aplikasi pengolah data seperti Dbase, Ms. Access dan juga aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dah Corel Draw. Yang terakhir adalah software sebagai Compiler seperti Pascal, Visual Basic, dan Delphi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *